Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Pijat Juga Hal yang Menyenangkan untuk Bayi

Kamis 01 Oct 2015 02:41 WIB

Red: Hazliansyah

Pijat bayi/ilustrasi

Pijat bayi/ilustrasi

Foto: lovingtouch.com

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Dokter Spesialis Anak, Febrica Fedriasari mengatakan, pijat bayi sangat bermanfaat bagi kesehatan serta sesuatu yang menyenangkan bagi bayi.

"Mungkin sebagian orang pijat bayi masih terdengar asing, namun dibalik itu terkandung manfaat sangat besar bagi kesehatan serta menyenangkan," kata dokter Febrica pada pelatihan pijat bayi di Palembang, Rabu.

Dijelaskannya, selain manfaat kesehatan dan menyenangkan, pijat bayi juga mempererat kasih sayang dengan berkomunikasi secara fisik maupun batin antara ibu dan bayinya.

Pada pelatihan yang diikuti 80 orang kader tim PKK kecamatan se-Kota Palembang itu, melibatkan psikolog dari BKKBN dan Terapis Loka Kesehatan Tradisional Sumsel sebagai instruktur.

Menurut dia, pelatihan itu bertujuan memberikan pemahaman dan pengetahuan para kader mengenai pijat bayi yang sangat besar manfaatnya bagi tumbuh kembang sang buah hati, yakni perkembangan otak, mental dan panca indera.

Ia menambahkan, para kader diberikan pelatihan praktek langsung dari para instruktur yang ada, mulai dari pemijatan telapak kaki hingga ke seluruh anggota tubuh bayi bisa dilakukan setiap hari sebelum bayi tidur dan pagi saat terbangun.

Menurut dr Febrica, metode yang diberikan melalui pelatihan tersebut adalah pengenalan teori dan selanjutnya dipraktekan para kader PKK, dengan harapan dapat mengerti cara pemijatan bayi.

Kegiatan pijat memijat tersebut selain sebagai stimulasi kesehatan bagi bayi dalam tumbuh kembangnya dan menjadikan bibit generasi penerus bangsa yang cerdas nantinya.

Hal tersebut juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan memudahkan orang tua mengenali anaknya, serta membina ikatan rasa kasih sayang yang lebih erat, katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA