Tuesday, 16 Syawwal 1443 / 17 May 2022

Sorong Jadi Perhatian Khusus Distribusi Kurban IZI

Selasa 22 Sep 2015 20:14 WIB

Rep: C33/ Red: Ilham

Sapi untuk kurban (Ilustrasi)

Sapi untuk kurban (Ilustrasi)

Foto: Republika/ Yasin Habibi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki hari raya Idul Adha, berbagai lembaga mengadakan program penyaluran hewan kurban di berbagai daerah. Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) yang bermitra dengan LSM asal Jerman Hasene dan Aliansi OKI (OIC) juga mengadakan program menyebarkan kurban ke nusantara.

Direktur Utama IZI, Wildhan Dewayana mengatakan, tujuan program ini untuk menguatkan persaudaran sesama Muslim. Maka dari itu, ia menyebarkan hewan kurban ke berbagai wilayah Indonesia seperti Aceh, Madura, Sumatra Utara, dan Sorong (Papua).

"Kita mendorong umat Muslim di luar Jawa untuk memperoleh daging kurban," ujarnya dalam launching kerja sama tiga lembaga tersebut pada Selasa (22/9).

Lebih lanjut, Wildhan mengatakan, ada 30 sapi kurban untuk wilayah Sorong. Ia merasa lebih terdorong membantu di Sorong karena mirisnya pendapat per bulan warganya. "Wilayahnya terpencil dan tingkat ekonominya rendah paling pendapatan per bulannya 100 ribu saja," ujarnya. Untuk wilayah Sorong, ia membagi distribusi sapi kurban ke dalam sembilan titik.

Sedangkan dari kerja sama tiga lembaga itu, total ada 350 sapi yang akan disalurkan. Tercatat, Aceh akan kebagian jatah 200 ekor sapi, Sumatra Utara (70 ekor sapi) dan Madura (50 ekor).

Wildhan mengaku sudah mengatur pendistribusian hewan kurban agar tidak terjadi tumpang tindih dengan organisasi kemanusian lain. Ia mengaku setiap lembaga kemanusian mampu melakukan koordinasi dengan baik. "Ada forum sendiri untuk koordinasi antar lembaga zakat (dan kemanusian) supaya tidak ada salah koordinasi," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA