Ahad 20 Sep 2015 00:22 WIB

Inilah Ciri-Ciri Ulama Sejati, Ulama Rabbani, dan Ulama Akhirat (3-Habis)

Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Yogyakarta mewisuda Angkatan V dan melantik santri baru Angkatan VI di Yogyakarta, Sabtu (19/9). Acara tersebut diisi orasi ilmiah Dr Syamsuddin Arif MA berjudul  “Intelektual dan Ulama: Telaah Konseptual Historis Komparatif”
Foto: Dok LPI Yogyakarta
Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Yogyakarta mewisuda Angkatan V dan melantik santri baru Angkatan VI di Yogyakarta, Sabtu (19/9). Acara tersebut diisi orasi ilmiah Dr Syamsuddin Arif MA berjudul “Intelektual dan Ulama: Telaah Konseptual Historis Komparatif”

REPUBLIKA.CO.ID,Mereka itulah ulama sejati, ulama rabbani, dan ulama akhirat (dalam istilah Imam al-Ghazali). “Para ulama semacam ini bukan hanya ideal, akan tetapi ‘real’. Bukan hanya seharusnya, akan tetapi sudah ada faktanya,” papar Syamsuddin.

Syamsuddin menyebut contoh,  Imam Ahmad ibn Hanbal yang mempertahankan kebenaran meskipun harus mendekam di penjara, diteror dan disiksa oleh agen pemerintah di Baghdad. Begitu pula Ibn Taymiyyah yang ikut dalam pertempuran menghadang invasi tentara Tatar di Mesir.

 

Juga Syekh Yusuf al-Makassari yang angkat senjata memimpin perang melawan pasukan militer Belanda di Banten. “Dan masih banyak lagi yang ikhlas memperjuangkan agama Allah dengan semboyan “Bondo, bahu, pikir, nek perlu sak nyawane pisan”,” tutur Syamsuddin Arif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement