Selasa 15 Sep 2015 18:38 WIB

UMM-Institut Francais Pamerkan Foto Lingkungan

Pameran foto tentang kingkungan di UMM.
Foto: UMM
Pameran foto tentang kingkungan di UMM.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- International Relationship Office (IRO) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bekerjasama dengan Institut Francais d’Indonesie (IFI) Surabaya menggelar pameran foto dengan tema “Bumiku, Sayangku! Pertanian dan Perubahan Iklim”. Kegiatan berlangsung selama sepekan, 11-18 September 2015 di jembatan Gedung Kuliah Bersama (GKB) I UMM.

Pameran tersebut merupakan serangkaian acara dari festival sains yang diadakan oleh Institut Francais, Prancis setiap tahunnya. Institut Francais menyebarkan misinya untuk meningkatkan kepedulian manusia terhadap lingkungan dan bumi ini melalui festival sains pada 90 negara di dunia bagian selatan. Salah satunya di Indonesia.

Dina, staf IFI Surabaya mengatakan tema tersebut dipilih karena bumi semakin memprihatikan karena ulah manusia. Dalam acara tersebut, dipamerkan 12 foto alam yang rusak akibat perubahan iklim dan pemanasan global. Keduabelas foto yang dipamerkan berasal dari koleksi 'Ciradimages' yang dipotret oleh para peneliti Cirad.

Cirad merupakan sebuah lembaga penelitian Prancis yang bekerjasama dengan negara-negara selatan, yang berusaha menjawab tantangan internasional di bidang pertanian dan pengembangannya. "Target kami adalah anak-anak muda. Maka dari itu beberapa rangkaian acara festival sains di Indonesia kami laksanakan di kampus besar, seperti UMM,” kata Dina.

Tahun ini merupakan tahun kedua IFI Surabaya bekerjasama dengan IRO UMM dalam festival sains. Menurut Dina, eksistensi UMM dalam menjalin kerjasama dengan pihak luar negeri sudah sangat diakui. Hal tersebut yang membuat IFI Surabaya dengan Institut Francais, Perancis ingin terus menjalin hubungan dengan IRO UMM dalam acara-acara selanjutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement