Jumat 11 Sep 2015 11:05 WIB

Ini Dia Manfaat Medical Check Up

Rep: C04/ Red: Winda Destiana Putri
Medical Check Up (ilustrasi)
Foto: Health
Medical Check Up (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah mengetahui pentingnya MCU bagi tiap karyawan yang bekerja di perusahaan, ada baiknya kita juga mengetahui manfaat-manfaat dari MCU.

Pemeriksaan MCU ini ternyata yang juga sangat menguntungkan bagi keduanya, seperti yang telah diungkapkan oleh Dr. Sphatika Ekakartika dari RS Bunda Menteng sebagai berikut:

Menghemat biaya perusahaan

MCU akan membuat perencanaan pembiayaan yang rasional dan efektif untuk anggaran kesehatan perusahaan. Jika karyawan terkena penyakit-penyakit akibat bekerja, maka perusahaan tentu wajib memberikan santunan pada karyawan tersebut. Maka penting untuk mengetahui lebih dini tentang penyakit yang dialami karyawan, guna menghemat pengeluaran perusahaan.

Melaksanakan peraturan pemerintah

Sesuai peraturan pemerintah dalam UU No. I tahun 1970, UU No. 21 tahun 2003 dan UU No. 13 tahun 2003 secara jelas telah mengatur mengenai kesehatan dan keselamatan kerja untuk karyawan.

Kinerja perusahaan menjadi optimal

Dengan kondisi kesehatan karyawan yang terkontrol dan bagus, sudah pasti akan meningkatkan kinerja perusahaan. Selain itu, MCU wajib dijadikan sebagai salah satu syarat penawaran kerja oleh beberapa perusahaan baik di dalam maupun luar negeri.

Mendeteksi penyakit sejak dini

MCU secara keseluruhan bertujuan untuk mengetahui penyakit sedini mungkin dan mengatasi gangguan kesehatan tersebut. Pemeriksaan ini diharapkan juga dapat mencegah agar penyakit yang telah di deteksi secara dini tidak berlanjut.

Karyawan lebih terjamin dan nyaman

Faktor kesehatan sangat menentukan pola hidup karyawan itu sendiri. MCU juga diperlukan agar karyawan dapat terkontrol masalah kesehatannya dan tentu dapat bekerja dengan tenang dan nyaman.

Meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan

Dengan adanya jaminan kesehatan dan layanan MCU yang diberikan oleh masyarakat, tentu akan meningkatkan loyalitas dan kepuasan karyawan tersebut terhadap perusahaan. Karyawan juga tentunya akan lebih bersemangat dalam bekerja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement