Jumat 11 Sep 2015 10:01 WIB

Pentingnya Medical Check Up Bagi Karyawan Perusahaan

Rep: C04/ Red: Winda Destiana Putri
Medical Check Up (Ilustrasi)
Foto: Google
Medical Check Up (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebanyakan masyarakat saat ini masih beranggapan bahwa Medical Check Up (MCU) tidak terlalu penting.

Padahal MCU merupakan pemeriksaan yang harus dilakukan secara berkala, sehingga jika ditemukan adanya penyakit dalam tubuh dapat di deteksi sejak dini.

Jika kita bekerja di sebuah perusahaan, maka perusahaan tersebut wajib menjamin kesehatan para karyawannya termasuk menyediakan pemeriksaan kesehatan secara rutin seperti MCU. Hal ini dijelaskan menurut peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang mewajibkan perusahaan untuk memeriksakan kesehatan pegawainya.

Koordinator Medical Check Up Departemen, RS Bunda Jakarta, Dr. Sphatika Ekakartika mengungkapkan bahwa MCU merupakan suatu kegiatan yang sangat positif dan penting dilakukan secara berkesinambungan. Dikarenakan sumber daya manusia (SDM) yang sehat dan produktif merupakan aset perusahaan yang paling penting.

"Kesehatan karyawan sangat mempengaruhi tingkat produktivitas yang berkaitan dengan keuntungan perusahaan. Agar karyawan dapat menjalankan fungsinya secara optimal, maka harus di dukung dengan kondisi kesehatan yang prima melalui MCU," ungkap dokter yang akrab di sapa Tika tersebut, dalam seminar Media Gathering 'Pentingnya Medical Check Up Bagi Pekerja' yang dilaksanakan di RS Bunda Menteng.

Namun, diluar kewajiban perusahaan untuk melaksanakan MCU bagi karyawannya, Tika juga mengungkapkan bahwa semua orang wajib melakukan MCU. Termasuk anak-anak, dewasa, maupun orang yang sudah berusia lanjut.

Sementara itu menurut Dr. Edi Alpino, MKK dari rumah sakit yang sama, karyawan perusahaan wajib melakukan MCU minimal satu tahun sekali. Hal ini berguna untuk mengetahui sejak dini penyakit karyawan, agar tetap bisa bekerja untuk perusahaan.

"Segala pekerjaan sangat beresiko, walaupun setiap harinya karyawan tersebut hanya bekerja di dalam ruangan ber AC. Maka, di sinilah peran penting MCU," kata Edi.

Selain pentingnya MCU bagi setiap orang termasuk karyawan perusahaan, Edi juga mengungkapkan bahwa setiap orang juga harus memperhatikan dan menjaga kesehatan mereka. Pola makan serta gaya hidup orang tersebut sangat menentukan penyakit apa saja yang dapat menyerangnya, usai dilihat secara keseluruhan dengan MCU.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement