Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Mengintip Isi Tas para Pengungsi Suriah

Senin 07 Sep 2015 15:49 WIB

Red: Citra Listya Rini

Isi tas salah satu pengungsi asal Suriah

Isi tas salah satu pengungsi asal Suriah

Foto: The Guardian

REPUBLIKA.CO.ID,  BERLIN  --  Pernahkah Anda berpikir apa saja isi di dalam tas para pengungsi perang Suriah? Beberapa waktu lalu, The Guardian sempat membedah apa saja isi tas sejumlah pengungsi Suriah yang bernasib malang tersebut.

Adalah Abu Jana, salah satu pengungsi Suriah yang memperlihatkan isi tasnya. Terdapat satu kotak rokok bermerek Winston, dua kantong plastik kuning yang bisa memuat dokumen, lemon untuk melawan penyakit yang ditimbulkan dari perjalanan laut.

Pun, terdapat pena laser di dalam tas Abu Jana. Pena laser berguna untuk memberitahukan kapal lain yang lewat jika kapal yang ditumpangi Abu Jana mengalamai karam. Perban, surat-surat penting dan dokumen keluarga juga ada di dalam tas Abu Jana. Tidak lupa krim pelindung sinar matahari, obat penghilang rasa sakit, pakaian ganti serta lampung.

Tidak berbeda jauh dengan Abu Jana, pengungsi asal Suriah lainnya bernama Nizar juga membawa barang bawa tidak terlalu banyak di tasnya. Paspor, pelampung, ginseng, obat penawar mabuk laut, panadol ada di dalam tas Nizar. Di dalam tasnya juga ada sertifikat kelulusan SMU dan sejumlah dokumen penting anggota keluarganya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA