DPR: Kebakaran Hutan Aksi Kriminalitas yang Harus Diberantas

Ahad , 06 Sep 2015, 20:09 WIB
Kebakaran hutan
Kebakaran hutan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebakaran yang terus melanda hutan di Tanah Air menjadi sorotan anggota DPR RI. Menurut anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Dwi Astuti Wulanari, kebakaran hutan yang terjadi merupakan kriminalitas yang harus diberantas.

Karena itu, pemerintah harus segera mengantisipasinya dikemudian hari."Kita harus meluruskan anggapan kebakaran hutan ibarat tradisi tahunan yang selalu berulang. Ini bukan tradisi tapi kriminalitas yang harus diberantas," kata Dwi Astuti kepada Republika.co.id, Ahad (6/9).

Dwi mengungkapkan, kebakaran hutan dan lahan selalu berulang setiap tahunnya. Seolah-olah menjadi tradisi tahunan saat musim kemarau. Dia menilai, terjadinya kebakaran hutan disebabkan oleh faktor ketidaksengajaan dan faktor yang di sengaja atau sengaja tapi desainnya seolah-olah tidak sengaja. Selain itu, pembukaan lahan dengan membakar hutan sering digunakan oleh pemilik lahan untuk penyiapan lahan baru.

Karena itu, pemerintah harus bertindak cepat dalam mengkoordinasikan tindakan antisipasi preventif agar kebakaran tidak terjadi lagi dan lagi. Upaya itu, kata Dwi,  menyadarkan stake holder dan menghukum yang bersalah agar meletakan rasa jera. Sebab, meskipun pada tahun lalu ratusan pelaku pembakaran hutan berhasil ditangkap dan diproses secara hukum. Namun hal ini tidak memberikan efek jera. Hal itu lantaran penangkapan belum mengungkap oknum yang memerintahkannya, baru pelaku-pelaku suruhan atau masyarakat awam.