Ahad 06 Sep 2015 00:45 WIB

Hamilton Raih Posisi Start Terdepan di GP Italia

Pembalap Mercedes Lewis Hamilton.
Foto: Formula 1
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Juara dunia bertahan Lewis Hamilton melanjutkan dominasinya dalam kecepatan satu putaran pada Sabtu, saat dia mengamankan posisi start terdepan untuk yang ke-11 dari 12 balapan bagi tim Mercedes, setelah mencatat waktu tercepat dalam kualifikasi untuk Formula Satu Grand Prix Italia di Monza yang akan digelar Minggu.

Pebalap Britania Raya berusia 30 tahun itu memutari lintasan dalam udara cerah dengan mencatat waktu terbaik satu menit dan 23,383 detik, unggul tiga persepuluh detik atas Kimi Raikkonen, yang memacu Ferrari.

Pebalap Finlandia Raikkonen melakukan upaya yang bagus menjelang akhir untuk mengungguli rekan setimnya Sebastian Vettel, yang harus puas di posisi ketiga.

Raikkonen mengamankan barisan terdepan pertamanya bagi Ferrari sejak Grand Prix Monaco pada 2009.

Kebangkitan Ferrari itu merupakan kabar buruk bagi rekan setim Mercedes Hamilton, Nico Rosberg, yang harus mengganti mesin sebelum sesi itu.

Pebalap asal Jerman, yang menguntit Hamilton dengan 28 poin dalam klasemen pebalap, harus kembali ke mesin yang lebih lama dan berada di posisi keempat, hasil kualifikasi terburuknya pada tahun ini.

Bagi Hamilton, ini merupakan posisi start terdepan ketujuhnya secara berturut-turut, membuat dia dapat menyamai Michael Schumacher, pebalap terakhir yang mencapai angka tersebut pada 2000-2001. Rekor terbanyak masih dipegang oleh Ayrton Senna dengan delapan kali beruntun pada 1989.

Ini juga merupakan posisi start terdepan ke-49 selama karir Hamilton dan mengisyaratkan barisan depan ke-20 dia secara berturut-turut. Keberhasilannya itu juga meningkatkan laju Mercedes pada 23 posisi "pole", kurang satu lagi dari rekor terbanyak yang dicatat Williams pada 1993.

Pebalap Brazil Felipe Massa menjadi yang tercepat kelima, mengunguli rekan setim Williams dia Valtteri Bottas, pebalap Meksiko Sergio Perez dari tim Force India dan pebalap Prancis Romain Grosjean dari tim Lotus.

Nico Hulkenberg di posisi kesembilan di tim Force India, di depan pebalap Swedia Marcus Ericsson dari tim Sauber.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement