Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Ayah Bocah Suriah yang Tewas Kuburkan Keluarganya di Kobane

Jumat 04 Sep 2015 17:49 WIB

Red: Ani Nursalikah

Ayah bocah Aylan, Abdullah Kurdi, yang jasadnya terdampar di pantai Turki.

Ayah bocah Aylan, Abdullah Kurdi, yang jasadnya terdampar di pantai Turki.

Foto: ibtimes

REPUBLIKA.CO.ID, SURUC -- Ayah dari seorang balita laki-laki asal Suriah yang berusia tiga tahun dan jasadnya terdampar di pantai Turki telah kembali ke kampung halamannya di Kobane, Suriah pada Jumat (4/9) untuk menguburkan keluarganya.

Abdullah Kurdi tiba di kota perbatasan Suruc, Turki dengan peti mati anak, istrinya, dan anak lainnya yang juga tenggelam ketika mencoba mencapai Eropa.

Mobil yang membawa ayah dan peti mati tersebut masuk ke Kobane dan kembali lagi ke Turki. Sedangkan konvoi wartawan dan aktivis dihentikan di perbatasan.

Sebanyak 12 imigran Suriah tenggelam pada Rabu (2/9) ketika dua kapal yang mengangkut mereka tenggelam di perairan Turki saat menuju Pulau Kos di Yunani, dalam tragedi terbaru terhadap para imigran di Aegean.

Namun, perhatian telah difokuskan kepada anak berusia tiga tahun bernama Aylan yang tubuh kecilnya terdampar di sebuah pantai di kawasan resor Bodrum. Secara cepat foto itu menjadi simbol terkenal dari tragedi pengungsi.

Seorang wartawan AFP di sisi perbatasan Suriah mengatakan persiapan sedang dilakukan untuk mengubur anggota keluarga Kurdi. Para korban itu dijuluki sebagai martir Kobane yang kehilangan nyawa mereka untuk melarikan diri dari perang.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA