Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Ketum PBNU Akan Kukuhkan Mahasiswa Baru Unusa

Jumat 04 Sep 2015 17:42 WIB

Rep: andi nurroni/ Red: Taufik Rachman

Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Siradj (kanan)

Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Siradj (kanan)

Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Sebanyak 958 mahasiswa baru  Universitas Nahdlathul Ulama Surabaya (Unusa) tahun akademik 2015-2016 akan dikukuhkan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj di Masjid Al Akbar Surabaya, Ahad (6/9) mendatang.  
 
Rektor  UNUSA Prof Achmad Jazidie menyampaikan, Unusa bertekad menjadi lembaga pendidikan tinggi yang terkemuka, unggul dan profesional dalam iptek, berjiwa wirausaha, serta berjati diri Islami.

"Landasan sekaligus semangat berkarya Unusa adalah mencetak generasi rahmatan lil’alamin, yakni generasi yang berfikir dan bertindak dengan wawasan global bagi kemaslahatan umat manusia di seluruh alam," ujar Achmad kepada Republika di Surabaya, Jumat (4/9)

Achmad melanjutkan, Unusa juga bertekad melahirkan generasi yang cerdas, berdaya saing dan berkarakter atau berakhlak mulia. Dalam pengukuhan nanti, menurut Achmad, Ketua PBNU Prof KH Said Aqil Siroj dijadwalkan menyampaikan kuliah perdana bagi mahasiswa baru. "Belaiu akan menguraikan secara mendalam segala sesuatu, yang berkenaan dengan iman, ilmu dan amal ini," kata Achmad.

Achmad menambahkan, beberapa target terdekat Unusa adalah membangun kerjasama internasional untuk program gelar ganda dengan University of Northern Philippines (UNP). Dengan program tersebut, menurut dia, mahasiswa Unusa akan mendapatkan dua Ijazah sekaligus, yakni dari Indonesia dan dari Philipina, yang bisa digunakan di dua negara dan tingkat internasional.

Ke-958 mahasiswa menempuh studi di enam kakultas, yakni Kedokteran, Keperawatan dan Kebidanan, Kesehatan, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis, serta Fakultas Teknik. Program-program studi yang lebih banyak diminati mahasiswa utamanya adalah rumpun kesehatan.

Fakultas Keperawatan dan Kebidanan (FKK) paling banyak diminati, dengan jumlah mahasiswa baru sebanyak 461 orang atau hampir separuh dari total mahasiswa baru. Penerimaan mahasiswa baru di fakultas lain, berturut-turut adalah Fakultas Kesehatan (F Kes, 159 mahasiswa) dan Fakultas Kedokteran (FK, 55 mahasiswa).

Selanjutnya, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP, 209 mahasiswa), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB, 63 mahasiswa) dan Fakultas Teknik (FT, 11 mahasiswa). Di rumpun program pendidikan kesehatan, yang paling diminati adalah S1 Pendidikan Kedokteran, S1 Kesehatan Masyarakat, D4 Analis, S1 Gizi, S1 dan D3 Keperawatan, serta D3 Kebidanan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA