Rabu 02 Sep 2015 20:19 WIB

KOI Dorong Pelaku Olahraga Jadi Sukarelawan Asian Games 2018

Rita Subowo
Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Rita Subowo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komite Olimpiade Indonesia (KOI) mendorong pelaku olahraga untuk menjadi sukarelawan pada pelaksanaan Asian Games (AG) 2018 di Tanah Air. Meskipun tidak menutup peluang masyarakat umum juga terlibat.

"Volunteer (sukarelawan) diambil dari dalam dulu dan yang mengerti adalah pelaku olahraga terutama atlet," kata Ketua KOI Rita Subowo di sela acara President Club KOI di Jakarta, Rabu (2/9).

Menurut Rita, dengan sasaran atlet untuk menjadi relawan pihaknya meminta pengurus besar masing-masing cabang olahraga harus berperan aktif yang salah satunya dengan mendata semua atlet yang ada saat ini.

Selain dinilai lebih mengerti olahraga, didorongnya atlet menjadi sukarelawan juga karena Asian Games 2018 membutuhkan jumlah yang cukup tinggi yaitu 35 ribu orang.

"Untuk sementara kita fokus untuk atlet dulu. Setelah itu baru dibuka untuk umum. Yang jelas semua masyarakat Indonesia punya hak mengajukan diri sebagai volunteer," kata Rita menambahkan.

Sukarelawan yang akan direkrut oleh panitia Asian Games 2018 nantinya akan ditempatkan lokasi pertandingan kejuaraan empat tahunan tersebut yaitu Jakarta, Palembang serta di kota-kota pendukung lainnya.

Para sukarelawan ini akan mendapatkan tugas penting untuk menyukseskan Asian Games 2018. Selama ini pada sukarelawan ini menjadi garda depan termasuk dalam mendampingi pada atlet maupun ofisial peserta kejuaraan empat tahunan itu.

Para relawan nantinya akan mendapatkan hak-haknya. Berdasarkan informasi yang didapat dilapangan, pada sukarelawan ini juga akan mendapatkan uang harian selama mendukung pelaksanaan Asian Games 2018.

"Untuk mendapatkan relawan yang sesuai dengan kriteria kami juga akan melibatkan pihak perguruhan tinggi. Selanjutnya, volunteer terpilih akan menjalani pelatihan sesuai dengan tugasnya," kata mantan Ketua Umum KONI Pusat itu. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement