Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

SBY Tantang UPI Bangun Pusat Pendidikan Perdamaian

Rabu 02 Sep 2015 10:21 WIB

Red: Taufik Rachman

SBY

SBY

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menantang Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) untuk menjadi pemimpin dalam pendidikan kedamaian yang ditandai dengan dibangunnya "peace education center" (pusat pendidikan perdamaian).

"Tantangan bagi Rektor UPI dan para guru besar untuk membangun 'peace education center'. Sehingga kalau dunia bertanya, apa betul di Indonesia ada' peace education center', maka nanti akan dijawab, ada, di Bandung, di UPI," kata SBY, saat memberikan materi kuliah umum dengan judul "Membangun dan Memelihara Kedamaian di Era Perubahan", di Gymnasium UPI Kota Bandung, Rabu.

Ia juga meminta agar UPI mengembangkan dan mengimplementasikan substansi serta metodologi kedamaian.

"Dan ini tidak harus dimasukkan dalam satu mata kuliah tersendiri," kata SBY yang juga menjadi Guru Besar Universitas Pertahanan.

Mantan Presiden RI Ke-6 ini juga meminta agar UPI aktif menyelenggarakan forum dan seminar serta konferensi tentang "peace and peace education"."Bangun kemitraan dan kerjasama dengan institusi lain di dalam dan luar negeri," kata dia.

Ia mengatakan, jika semua tantangan tersebut bisa diwujudkan oleh UPI dapat menjadi pusat pendidikan kedamaian di dunia."Insya Allah bisa dan saya senang jika terbangunnya pendidikan kedamaian di UPI ini," ujar dia.

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA