Rabu 02 Sep 2015 07:12 WIB

Terungkap! Minum Delapan Gelas Air Sehari Hanya Mitos

Rep: C39/ Red: Winda Destiana Putri
Laki-laki minum air putih
Foto: The Star
Laki-laki minum air putih

REPUBLIKA.CO.ID, Minum delapan gelas air sehari adalah salah satu tips kesehatan yang paling umum diketahui, karena disebut-sebut akan membuat Anda terlihat lebih muda, merasa lebih segar dan hidup sehat.

Namun, dalam sebuah temuan baru ternyata hal itu tidak benar, hanya mitos. Lah kok? Salah satu peneliti kesehatan begitu muak dengan mitos yang berkembang tersebut yang selama ini sering dikutip sebagai fakta. Ia pun memohon kepada semua orang untuk berhenti mengulang fakta yang tidak benar itu.

Dalam sebuah artikel di The New York Times,  salah satu professor di Indiana University School of Medicine, Aaron E. Carroll mengatakan meminum delapan gelas air dalam sehari itu adalah mitos.

"Jika ada satu mitos kesehatan yang tidak akan mati, itu adalah ini: Anda harus minum delapan gelas air sehari, Ini tidak benar. Tidak ada ilmu di balik itu," katanya dilansir dari Independent, Rabu (2/9).

Ia mengatakan, sebuah nasehat  yang benar adalah bahwa manusia membutuhkan keseimbangan dengan delapan gelas air sehari.  Para ilmuwan mengatakan bahwa jumlah aliran sebenarnya sudah termasuk di dalam makanan dan sayuran lainnya, dan tidak pernah disarankan agar orang meminum delapan gelas air di atas makanan dan minuman sehari-hari mereka.

"Banyak orang percaya sumber mitos itu sejak 1945 direkomendasikan Dewan Nutrisi bahwa orang membutuhkan sekitar 2,5 liter air sehari. Mereka mengabaikan bahwa sebagian besar sudah terkandung dalam makanan," katanya.

Mr Carroll menambahkan, tidak perlu manusia meminum air hingga sampai delapan gelas, tapi ada sedikit bukti bahwa meminum air memberi manfaat kesehatan tambahan. "Bertentangan dengan banyak cerita yang Anda dengar, tidak ada bukti ilmiah yang benar tentang hal itu, bagi orang-orang yang tidak sehat, air minum hanya sebagai manfaat kesehatan tambahan," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement