Selasa 01 Sep 2015 07:13 WIB

Tujuh Tanda Kamu Lebih Cerdas Di Atas Rata-Rata

Rep: c 38/ Red: Indah Wulandari
Anak jenius (ilustrasi).
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Anak jenius (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Apa yang membentuk kecerdasan seseorang? Para peneliti menyelidiki pertanyaan itu selama beberapa dekade.

Hasilnya, faktor yang mempengaruhi kecerdasan seseorang sangat kompleks. Mulai dari pilihan hewan kesayangan sampai berat badan dapat mempengaruhi kecerdasan Anda.

 

Anda tentu tak harus mutlak percaya. Dilansir dari Business Insider, Senin (31/8), berikut beberapa tanda yang menunjukkan Anda lebih cerdas dari orang kebanyakan.

 

-Anak Sulung

Anak paling tua umumnya lebih pandai, tapi bukan lantaran faktor genetika. Studi tahun 2007 menyebut ini lantaran faktor psikologis dan dinamika keluarga.

 

-Kurus

Sebuah studi tahun 2006 di Prancis menemukan, orang yang gemuk dapat mengingat 44 persen dalam tes kosakata, sedangkan orang yang lebih kurus dapat mengingat hingga 56 persen.

 

-Pencinta Kucing

Para pecinta anjing lebih ramah, sedangkan pecinta kucing lebih cerdas, demikian menurut sebuah studi tahun 2014. Ini mungkin saja, karena pemilik hewan kesayangan yang cenderung introvert boleh jadi mengejar kegemaran yang lebih bersifat intelektual.

 

-Ikut Les Musik

Studi tahun 2011 menemukan, kecerdasan verbal anak usia 4-6 tahun meningkat setelah sebulan mengikuti les musik

-Tidak Merokok

Sebuah studi di Israel tahun 2010 yang diikuti 20 ribu pemuda menemukan, rata-rata perokok usia 18-21 mempunyai IQ 94, sedang yang tidak merokok memiliki IQ 101.

 

-Kidal

Suatu penelitian baru-baru ini menunjukkan hubungan antara pemilik tangan kidal dengan kreativitas dan kemampuan berpikir yang tak biasa.

 

-Jangkung

Studi di Princeton mencatat, sejak usia tiga tahun dan selama masa kanak-kanak, anak yang lebih tinggi menunjukkan kemampuan lebih baik dalam test kognitif.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement