Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Ada Sentuhan Desain Interior Muslimah di Masjid Modern Turki

Ahad 30 Aug 2015 14:00 WIB

Red: Agung Sasongko

Masjid Ahmed Hamdi Akseki

Masjid Ahmed Hamdi Akseki

Foto: Youtube

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggarapan interior Masjid Ahmad Hamdi Akseki dipercayakan pada seorang desainer interior perempuan, Shonai Ilbay. Pada interior dalam masjid sebagian besar dekorasi dihiasi dengan pola geometri dan kaligrafi yang bertuliskan Asmaul Husna, ayat Alquran, dan hadis nabi. Pola geometri dan kaligrafi ini menghiasi bagian dalam kubah hingga mihrab dan masjid.

Bagian ceruk mihrab masjid berhias lapisan warna emas, sedangkan mimbar masjid sangat khas dengan marmer putih. Perpaduan warna putih, hijau, biru, dan emas mendominasi bagian dalam masjid.
Teknologi mutakhir Masjid Ahmet Hamdi Akseki terdiri dari empat bagian, ruang shalat utama berada di bagian bawah.

Tiga bagian yang berada di basement masjid ber fung si sebagai fasilitas pendukung, seperti tempat berwudhu dan bersuci, area pameran dan perpustakaan, serta area tempat parkir kendaraan. Pada halaman depan masjid terdapat kolam air mancur persegi yang dikelilingi tanaman berbunga.

Area di sekitar masjid dapat digunakan sebagai sarana kegiatan sosial dan budaya umat Islam.

Masjid Ahmet Hamdi Akseki menggunakan pencahayaan lampu yang menghidupkan setiap detail dekorasi ornamen masjid. Pada siang hari, cahaya masuk sangat maksimal di ruang shalat utama dari deretan jendela kaca di samping masjid.

Sedangkan pada malam hari bagian dalam kubah menggunakan proyektor cahaya malam sehingga memperjelas bagian detail dari kaligrafi dan ornamen dalam masjid. Bagian balkon dan kolom masjid juga menggunakan cahaya yang lebih ringan mengurangi terang yang terlalu berlebihan.

Di bagian luar efek cahaya dimunculkan di bagian menara dan lengkungan atap masjid, dengan menggunakan lampu sorot. Ini menjadikan masjid menyala pada malam hari dan menampilkan keindahan karakter khas arsitektur Masjid Ahmet Hamdi Akseki. Menurut Shonai Ilbay, masjid ini memiliki material akustik mutakhir dalam konstruksinya.

Yang menarik, mungkin ini masjid pertama di dunia yang memiliki tempat penyimpanan sepatu yang cukup untuk seluruh jamaah di masjid.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA