Kamis 27 Aug 2015 11:49 WIB

Ini Dia Kelebihan Endoskopi Ultrasound

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Dokter melalukan praktik endoskopi dengan memasukkan selang kecil ke dalam tubuh untuk melihat ada atau tidaknya masalah dalam tubuh.
Foto: youtube
Dokter melalukan praktik endoskopi dengan memasukkan selang kecil ke dalam tubuh untuk melihat ada atau tidaknya masalah dalam tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, Pemeriksaan endoskopik ultrasonografi (Endoscopic Ultrsound atau EUS) memiliki keunggulan seperti tidak adanya risiko radiasi, dilakukan hanya di ruang tindakan endoskopi biasa, dan tidak memakan waktu yang lama. 

Pasien juga tidak perlu khawatir oleh karena tindakan ini biasa dilakukan dengan sedasi atau anestesi sehingga tidak perlu merasa cemas hingga pemeriksaan ini berakhir. 

Dr Chua Tju Siang dari Mount Elizabeth Medical Centre, menjelaskan pemeriksaan ini sebetulnya sudah ada sejak bertahun-tahun yang lalu. Hanya saja dulu teknologi pemeriksaan ini hanya sebatas diagnostik dengan resolusi gambar yang tidak begitu baik dan tidak bisa untuk pengambilan contoh jaringan bila diperlukan. 

Saat ini dengan resolusi gambar yang lebih baik, dimana selama pemeriksaan ini juga bisa sekaligus dilakukan pengambilan contoh jaringan bila memang diperlukan. Selain itu, tindakan EUS saat ini juga bisa dipergunakan sebagai tindakan terapi pada sumbatan saluran empedu.

Dengan adanya tindakan pemeriksaan EUS bukan berarti meniadakan peran dari pemeriksaan pencitraan lainnya, seperti CT-scan abdomen dan MRI abdomen. Tapi bisa melengkapi kekurangan dari pemeriksaan tersebut bahkan bisa menjadi alternatif pemeriksaan bila pasien mengalami kesulitan untuk menjalani pemeriksaan pencitraan standar tersebut.

Selain itu, kelebihan endoskopi ultrasound bisa melihat luar perut, seperti pankreas, empedu bisa dilihat dengan bantuan ultrasound. Sedangkan endoskopi biasa hanya bisa did alam perut.

EUS selain untuk diagnosa, juga bisa untuk terapi. Misalnya sudah ditemukan jaringan kanker, maka bisa diangkat dengan biopsi dan bantuan endoskopi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement