Senin 24 Aug 2015 07:35 WIB
Adab Hubungan Intim

Berhubungan Intim Saat Menstruasi Bisa Terjangkit Endometrosis

Rep: C39/ Red: Winda Destiana Putri
Ilustrasi pasangan suami istri
Foto: EPA/Etienne Laurent
Ilustrasi pasangan suami istri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Secara kesehatan, ada saatnya wanita yang sudah menikah tidak diperbolehkan berhubungan intim, karena bisa menyebabkan penyakit endometrosis.

Hal ini dikatakan oleh seorang dokter sekaligus seksolog Indonesia, dr Boyke Dian Nugraha. Menurut dia saat-saat yang tidak diperbolehkan dalam berhubungan seks adalah saat menstruasi atau haid, karena menstruasi itu darah kotor yang memang seharusnya keluar.

"Jika terdorong ke dalam, masuk ke dalam indung telur bisa terjadi penyakit yang namanya endometrosis," kata dia kepada ROL, belum lama ini.

Endometrosis adalah salah satu kelainan yang menyerang sistem reproduksi wanita. Penyakit ini muncul ketika jaringan dari lapisan dalam dinding rahim atau endometrosis tumbuh di luar rongga rahim.

Sementara itu, dampak penyakit ini juga berbeda-beda. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk tidak meremehkan rasa sakit yang melebihi biasanya pada saat menstruasi, berkonsultasilah pada dokter secepatnya jika hal ini terjadi pada Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement