Senin 24 Aug 2015 06:33 WIB
Adab Hubungan Intim

Awas! Oral Seks Bisa Tularkan Penyakit Sipilis?

Rep: C39/ Red: Winda Destiana Putri
berhubungan intim (ilustrasi)
Foto: The Guardian
berhubungan intim (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Oral seks memang diperbolehkan secara kesehatan, namun Anda harus berhati-hati karena oral seks ternyata bisa menularkan penyakit sipilis, sejenis penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri spirochaeta pallid yang sekarang lazim disebut treponema pallidum.

Menurut psikolog seksual Indonesia, Zoya Amirin mengatakan, bahaya oral seks walaupun kemungkinannya sangat kecil bisa terkena penyakit sipilis yang kemudian menular atau pindah ke area bibir, sehingga terjadi infeksi pada bibir si wanita.

"Oral seks bisa menular seperti penyakit sipilis yang pindah ke bibir," kata Zoya saat dihubungi ROL, melalui sambungan telepon.

Namun, kata dia yang paling bahaya dalam berhubungan seks adalah anal seks, karena sudah ditentukan secara prosedural sebagaimana yang telah diciptakan.

"Ini bahaya karena bakteri bisa masuk ke dalam, di mana anus adalah tempat bersemayamnya bakteri," jelas dia.

Hal senada juga diungkapkan seksolog Indonesia, dr Boyke Dian Nugraha yang mengatakan bahwa oral seks bahaya jika pasangannya mempunyai penyakit menular.

"Kalau suami istri kan enggak kemana-mana. Jika hanya suami dan istri saja mau dari mana penyakit menularnya. Penyakit menular kalau salah satunya itu jajan. Itu yang bisa mengakibatkan penyakit manular seksual."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement