Ahad 23 Aug 2015 07:05 WIB

Ini Syarat Hubungan Intim yang Perlu Diperhatikan Pasutri

Rep: C39/ Red: Winda Destiana Putri
Ilustrasi pasangan suami istri
Foto: EPA/Armando Babani
Ilustrasi pasangan suami istri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi pasangan suami dan istri (pasutri), melakukan hubungan intim menjadi salah satu faktor dalam membangun mahligai rumah tangga yang sukses.

Namun, ada syarat-sayarat tertentu yang perlu diikuti agar bisa melakukan hubungan seksual secara baik dan sehat.

Dokter dan seksolog Indonesia dr Boyke Dian Nugraha mengatakan, persyaratan antara pasangan laki-laki dan perempuan harus ada rasa cinta, ada komunikasi, ada teknik, dan juga ada variasi.

"Harus ada rasa cinta atau ada keterlibatan emosi, ada komunikasi, ada teknik dan variasi. Empat inilah yang menjadikan kegiatan seks ini kita anggap sebagai kegiatan yang baik," kata dr Boyke saat diwawancara di kantornya, belum lama ini.

Menurut dia, jika terdapat suami yang bersifat memaksa dalam berhubungan seks itu bukanlah hubungan yang sehat. "Kalau misalya seorang suami datang tiba-tiba bakbuk-bakbuk pingin minta, kemudian memaksa, dan tengah malam dibangunin, itu bukan seks yang sehat, jadi harus ada rasa cinta," ujar dia.

Demikian juga, kata dia, ketika seorang yang menikah karena dipaksa oleh orang tuanya, sementara anaknya tersebut tidak cinta. Namun, anaknya akhirnya terpaksa melayani suaminya.

"Itu juga tidak sehat, itu tidak baik. Jadi, empat itu persyaratannya," jelas lelaki yang sudah berusia 58 tahun itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement