Sabtu 22 Aug 2015 16:35 WIB

Alumni Unsoed Usulkan Bentuk Bahan Usaha

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Kampus Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto.
Foto: wordpress.com
Kampus Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Musyawarah Nasional Keluarga Alumni Unoversitas Jenderal Soedirman (KA Unsoed) Purwokerto, merekomendasikan agar kepengurusan KA Unsoed periode 2005-2020 bisa mendirikan badan usaha. Badan usaha tersebut bertujuan agar para alumni baik yang ada di internal kampus maupun di luar kampus, bisa lebih leluasa membantu para mahasiswa.

''Di perguruan-perguruan tinggi lain, juga sudah ada keluarga alumni yang mendirikan badan usaha. Bentuknya bisa berupa koperasi, PT atau bentuk lainnya. Karena itu, sebagai ketua panitia, saya memang mengusulkan ada rekomendasi mengenai pembentukan badan usaha tersebut,'' kata Ketua Panitia Munas, Totok Agung di sela acara Munas, Sabtu (22/8).

Dia menyebutkan, tujuan utama pembentukan badan usaha ini adalah untuk membantu para alumni dan juga mahasiswa yang masih kuliah di Unsoed. Menurutnya, keberadaan badan usaha yang dikelola sendiri oleh alumni ini juga sangat diperlukan bagi Universitas. Hal ini mengingat pengelolaan keuangan universitas yang makin diperketat, sudah sangat sulit bagi universitas mengelola keuangannya untuk hal-hal semacam itu.

Dalam aspek modal, Totok menyebutkan bisa berasal dari para alumni dalam bentuk penyertaan modal, sumbangan atau iuran. Namun bisa juga berupa bantuan dari universitas yang dimungkinkan dan sesuai ketentuan yang berlaku. ''Satu-satunya yang bisa leluasa bergerak untuk membantu universitas, adalah adanya badan usaha yang dikelola alumni. Untuk itulah, kami sangat berharap para alumni bisa mewujudkan hal ini,'' ujar Totok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement