Thursday, 9 Safar 1443 / 16 September 2021

Thursday, 9 Safar 1443 / 16 September 2021

Soal Langgam, Ini Pendapat Ulama Alquran

Jumat 21 Aug 2015 16:45 WIB

Rep: c12/ Red: Agung Sasongko

Tilawah Alquran dengan langgam seriosa

Tilawah Alquran dengan langgam seriosa

Foto: Youtube

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Ulama Alquran telah digelar dari 18-21 Agustus 2015 di Kota Bandung, Jawa Barat. Tema yang diangkat dalam mukernas kali ini yaitu Implementasi Revolusi Mental dengan Pendekatan Alquran.

Pada mukernas itu sempat dibahas masalah langgam Alquran. Menjadi pembicara pada bahasan itu, Imam Besar Istiqlal, Ali Mustafa Yakub.

Saat pembahasan, memang banyak yang mengutarakan pendapatnya dengan berbeda-beda. Namun, dengan menghormati perbedaan pandangan yang mendukung dan yang menolak, langgam nusantara dipandang perlu untuk dikembangkan dengan memperhatikan beberapa hal.

Ada lima aspek yang perlu diperhatikan saat melagukan bacaan Alquran. Pertama, kaidah-kaidah ilmu tajwid tetap terjaga, seperti panjang-pendek bacaan, makharijul huruf, waqaf-ibtida, dan lain sebagainya. Kedua, menjaga adab saat bertilawah. Ketiga, tidak berlebihan dan tidak dibuat-buat.

Keempat, langgam atau lagu yang digunakan hendaknya tidak berasal dari yang biasa digunakan dalam hal kemaksiatan. Kelima, saat membaca Alquran dengan langgam, tidak diringi dengan musik yang dapat mengganggu kekhusyu

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA