Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Mushaf Alquran Berusia 700 Tahun Ternyata Ada di Aceh

Jumat 21 Aug 2015 14:16 WIB

Red: Indah Wulandari

Mushaf Alquran.

Mushaf Alquran.

Foto: Republika/Tahta Aidilla

REPUBLIKA.CO.ID,MEULABOH -- Mushaf Alquran kuno tulisan tangan berusia lebih 700 tahun ditampikan pada pameran nuansa Islami pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-32 Aceh di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh.

"Pada kesempatan seperti inilah kita munculkan untuk memperkenalkan kepada seluruh masyarakat tentang benda bersejarah bernilai religi 700-an tahun selama ini tersimpan di Aceh Barat," kata Kepala Dinas Syariat Islam (DSI) Kabupaten Aceh Barat Mursalin, Jumat (21/8).

Ia mengatakan, tulisan mushaf  Alquran kuno tersebut merupakan karya ulama sufi Syeh Maulana Malik Ibrahim. Selama ini, Alqutan tersebut disimpan di sebuah tempat khusus di area Mugo, Kecamatan Panton Reu. Tempat ini kemudian menjadi salah satu kawasan wisata religi.

Mushaf yang lebih dikenal dengan sebutan Quran Panton Reu ini, penempatannya tidak digabungkan dengan 62 mushaf Alquran kuno lain yang berusia 300-500 tahun dalam museum Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Aceh Barat.

MTQ ke-32 Aceh dipusatkan di Taman Dzulkarnaini, alun-alun Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya.  

Kegiatan yang dimulai 19-27 Agustus 2015 ini diawali pawai ta'aruf dan mobil hias diikuti 1.750 peserta se-Aceh, MTQ tersebut dibuka Gubernur Aceh Zaini Abdullah dihadiri seluruh pejabat Aceh, Forkopimda dan Wali Nangroe Malek Mahmud.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA