Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Ingin Sehat? Coba Paduan Yogurt dan Jali Ini

Jumat 21 Aug 2015 14:00 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Biji jali.

Biji jali.

Foto: seriouseats

REPUBLIKA.CO.ID, Melihat manfaat jali yang baik untuk menurunkan gula darah, membuat Dokter Gizi yang juga Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Atma Jaya Jakarta, dr Nanny Djaja. Ms. Sp GK tertarik melakukan penelitian lebih lanjut. Yaitu dengan memadukan jali dengan yogurt.

Ia mengungkapkan penelitian mengenai yogurt jali tidak ada selama ini, bahkan penelitian mengenai bubur jalinya pun belum ada pada manusia, baru ada pada tikus saja. Penelitian jali pada manusia terbatas. Dan dirinya telah berhasil melakukan penelitian tentang jali kepada pasiennya dan terbukti ampuh menurunkan kadar gula darah.

Karena itulah, Nanny memutuskan untuk melakukan penelitian berjudul Pengaruh Yogurt Jali (Coix lacryma Jobi) terhadap Mikrobiota Usus, Low Grade Inflamasi dan Resistensi Insulin pada Penderita DM Tipe 2.

“Perpaduan yogurt dan jali diharapkan dapat mencegah terjadinya resistensi insulin dan mengontrol kadar gula darah penderita diabetes melitus tipe 2,” jelasnya kepada wartawan di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ia dan juga rekannya akan memberikan kontribusi penelitian kepada masyarakat untuk inovasi baru pengembangan produk yogurt. Dan membuatnya menjadi makanan selingan sehat untuk mengontrol kadar gula darah  juga mencegah komplikasi diabetes melitus tipe 2.

Kebetulan kedua jenis makanan ini merupakan makanan kesukaan Nanny, ia rutin mengonsumsi yogurt yang dicampur dengan jali. Ia membuatnya sendiri yaitu dengan mengkombinasikan yogurt sebanyak 100 cc dengan 3 sendok makan jali yang sudah direbus.

“Rasanya enak sekali, jali agak legit, dikombinasi dengan yogurt. Ini merupakan makanan selingan sehat bisa dikonsumsi untuk mencegah diabetes dan menurunkan kadar gula darah, walaupun ini bukan obat,” jelasnya.

Yogurt sendiri memiliki manfaat yang mengontrol berat badan. Sehingga dengan rutin mengonsumsi yogurt makan penimbunan lemak akan berkurang, minum yogurt tiap hari bisa turunkan berat badan. Tapi perlu diingat Anda juga harus menjaga pola makan dengan menghindari gorengan dan olahrga rutin.

“Anda bisa konsumsi yogurt jali pagi atau sore, sekali sehari. Yogurt bermanfaat menjaga kesehatan saluran cerna. Kalau tidak punya diabetes boleh konsumsi yogurt yang sudah ada rasanya, kalau menderita diabetes, bagusnya konsumsi yogurt yang rasanya tawar. Kemudian tambahkan jali diatasnya seperti topping,” saran Nanny.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA