Kamis 20 Aug 2015 06:10 WIB

Penting! Manfaat Air Liur Bagi Kesehatan

Rep: C39/ Red: Winda Destiana Putri
Air liur bayi (Ilustrasi)
Foto: Telegraph
Air liur bayi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap hari tubuh Anda memproduksi sekitar 50 ons air liur. Namun, Anda mungkin tidak terpikirkan bahwa air liur memainkan peran penting dalam kesehatan. Air liur merupakan disinfektan alami.

"Ini membantu menjaga kesehatan gusi Anda, mencegah kerusakan gigi, membersihkan partikel makanan, dan menyediakan zat pelawan penyakit untuk mencegah gigi berlubang dan infeksi lainnya," kata juru bicara American Dental Association Kimberly Harms, seperti dilansir Prevention, Kamis (20/8).

Menurut Harms kondisi air liur Anda juga dapat memberikan petunjuk untuk hal-hal lain yang terjadi di dalam tubuh. Mungkin Anda telah mengonsumsi lebih dari 300 obat-obatan, seperti dekongestan dan antihistamin, sehingga menyebabkan mulut kering sebagai efek samping.

Ia menambahkan, jika mulut Anda kering, harus ekstra waspada tentang kesehatan gigi untuk menghindari gigi berlubang. Kata Harms floss setiap hari, sikat dengan fluoride yang mengandung pasta gigi dua kali sehari, dan pergi ke dokter gigi Anda untuk check up rutin.

Selain itu, Anda mungkin memiliki infeksi oral, sehingga menyebabkan infeksi jamur di mulut, yang disebut "sariawan”. Sementara sariawan jarang terjadi pada orang dewasa yang sehat, orang yang memiliki diabetes mungkin sangat rentan karena gula dalam air liur dapat menyebabkan pertumbuhan ragi. Dokter dapat meresepkan obat antijamur untuk membersihkan bakteri tersebut.

Manfaat lainnya, air liur dapat memberikan satu ton informasi tentang genetik dan hormon. Air liur dapat dijadikan sebagai alat diagnostik untuk penyakit diabetes dan kanker.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Clinical Chemistry. Dengan tes ludah juga dapat menilai tingkat hormon melatonin seperti dalam penelitian dari Northwestern University.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement