Selasa 18 Aug 2015 16:37 WIB

Kali Ketiga, PBS Salurkan Beasiswa untuk 40 Murid

Paguyuban Bina Siswa (PBS) Tulungagung, Jawa Timur
Paguyuban Bina Siswa (PBS) Tulungagung, Jawa Timur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Paguyuban Bina Siswa (PBS) Tulungagung, Jawa Timur untuk ketiga kalinya menyalurkan beasiswa bagi murid-murid SMP dan SMA/SMK atau yang sederajat. Pemberian beasiswa dilakukan  pada Ahad lalu (16/8) bertempat di Gedung SMPN 1 Tulungagung.

Kali ini jumlah murid yang menerima beasiswa sebanyak 40 anak. Dari jumlah itu, sebanyak 15 anak merupakan siswa SMA/SMK dan 25 anak berasal siswa SMP/MTs.

Menurut Ketua Penggalangan Dana PBS, Totok Budiono, jumlah murid yang menerima beasiswa ini merupakan peningkatan dibanding sebelumnya. Pada tahun pertama PBS membagikan beasiswa, baru 22 anak yang menerimanya.

“Pada tahun berikutnya, PBS memberikan bantuan untuk 30 siswa. Kami berharap, tahun depan bisa memberikan beasiswa untuk 50 murid dari keluarga kurang mampu di Tulungagung. Mudah-mudahan akan semakin banyak anak yang menerima manfaat dari kegiatan PBS,” kata Totok.

PBS, sambung Totok, akan mengutamakan siswa yang berasal dari keluarga tak mampu namun memiliki motivasi tinggi untuk menempuh pendidikan. Selama ini PBS bekerja sama dengan guru BP (bimbingan dan penyuluhan) di setiap sekolah karena merekalah yang mengetahui kondisi sosial-ekonomi siswa yang bersangkutan. Jika dipandang ada yang agak meragukan, PBS akan menelusuri kondisi keluarga siswa tersebut.

Salah satu wakil guru yang hadir dalam acara itu, Suradi dari SMK PGRI I Tulungagung, menyebutkan, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menunjang motivasi siswa agar lebih berprestasi dan berkarakter. Ia menilai, kegiatan ini patut diikuti oleh para alumni lainnya.

“Saya amat berterima kasih adanya PBS ini. Secara khusus saya mendoakan agar para donator PBS kian bertambah dan selalu mendapat limpahan serta rezeki dari Allah. Saya menitip pesan agar selanjutnya sekolah swasta juga lebih mendapat perhatian,” tuturnya.

PBS merupakan paguyuban yang didirikan oleh alumni dari Tulungagung yang berasal dari beberapa sekolah dan mereka saat ini tersebar di berbagai kota. Aktivitas PBS selama ini hanya memobilisasi dana dan menyalurkan ke siswa SMP dan SMA (sederajat) di Tulungagung.

Alamat sekretariat PBS di Jl Ahmad Yani Timur nomor 6 Tulungagung. Hingga saat ini PBS telah memberikan beasiswa untuk 92 anak/murid. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement