Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Pentingnya Mengetahui Bahaya Sengatan Matahari

Senin 17 Aug 2015 01:01 WIB

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri

Bahaya kulit terbakar matahari

Bahaya kulit terbakar matahari

Foto: Boldsky

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika Anda menghabiskan sebagian besar waktu di luar ruangan di bawah sinar matahari, kulit Anda mungkin mengalami sensasi terbakar karena panas, mulai sekarang jangan sepelekan hal itu.

Sengatan matahari saat siang hari sangat tidak baik bagi kesehatan kulit karena bisa menyebabkan iritasi dan membuat kulit terbakar. Berikut fakta tentang sengatan sinar matahari bagi tubuh Anda seperti dilansir Boldsky Senin (17/8).

Iritasi
Sengatan sinar matahari tidak baik bagi kesehatan kulit. Anda akan menderita iritasi dan gejala kemerahan jika terkena sengatan matahari saat siang hari. Kulit akan terlihat lecet dan bengkak. Gejala lain yang ditimbulkan sengatan matahari adalah sakit kepala, demam dan mual.

Kulit terbakar
Sengatan matahari menyebabkan kulit terbakar dan muncul bintik kemerahan pada kulit Anda. Hal ini disebabkan panas yang dihasilkan matahari pada waktu siang, gejala itu memang tidak langsung terlihat akan tetapi menunggu beberapa jam. Bintik kemerahan tersebut dapat hilang dalam waktu tiga sampai empat hari

Kulit menjadi gelap
Fakta berikutnya yang diakibatkan dari sengatan matahari yaitu dapat membuat kulit Anda menjadi gelap (Tanning). Sering dianggap sebagai penampilan kulit yang sehat. Namun sebenarnya saat kulit berubah menjadi gelap, terjadi kerusakan pada sel kulit sehingga sel penghasil pigmen pada kulit akan memproduksi lebih banyak melanin (pigmen) sehingga warna kulit lebih gelap dari sebelumnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA