Sabtu 15 Aug 2015 15:33 WIB

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Gagal Melaju ke Final

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Citra Listya Rini
Pasangan ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pasangan ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Setelah melalui permainan yang sangat ketat, pasangan ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir harus memupus harapannya melaju ke babak final Kejuaraan Dunia 2015.

Peringkat ketiga dunia ini harus menelan kekalahan atas pasangan Cina Zhang Nan dan Zhao Yunlei 22-20 23-21 21-12. Pada gim pertama, Ahmad/Natsir mengawali permainan dengan menembus pertahanan lawan 1-0. Zhang/Zhao menyamakan kedudukan 1-1.

Keduanya saling melancarkan serangan, dan beberapa kali saling mengimbangi poin. Ahmad/Natsir kembali unggul atas lawan hingga terhenti di paruh gim pertama dengan perolehan poin 11-6 atas pasangan peringkat satu dunia asal Cina tersebut.

Keduanya melakukan rally-rally bola dan saling susul-menyusul perolehan poin. Sempat unggul atas Zhang/Zhao, Natsir gagal mengembalikan smash. Sehingga lawannya mengejar dengan kedudukan yang sama 18-18.

Pasangan andalan ganda campuran ini kembali kecolongan, bola lawan menembus pertahanannya dan memberikan satu poin untuk mereka. Permainan semakin ketat, tatkala keduanya saling unggul dan menyamakan poin 20-20.

Zhang/Zhao tidak mampu menangkal serangan, hingga akhirnya Ahmad/Natsir menyelesaikan perjuangan pada gim pertama dengan kemenangan 22-20.  Meski sudah mengungguli pertandingan di gim pertama, performa Ahmad/Natsir menurun pada gim kedua.

Di awal permainan, Ahmad/Natsir menembus pertahanan lawan dan unggul dengan poin 2-0. Sempat imbang di poin 6-6, Ahmad/Natsir memimpin perolehan skor 11-9 pada paruh gim kedua. Permainan masih dikendalikan keduanya hingga perolehan poin 15-12. Zhang/Zhao tidak tinggal diam dan menyusul skor imbang 15-15.

Menjelang akhir gim kedua, Ahmad/Natsir masih ungguli lawan di poin 20-18. Namun permainan berlanjut semakin tegang, ketika Zhang/Zhao mengejar dan menyamakan kedudukan setting 20-20. Di tengah rally-rally bola di antara kedua pasangan ini, Natsir sempat terjatuh dan gagal mengambalikan smash dari lawan. 

Ahmad/Natsir bangkit dan berbalik unggul dengan perolehan poin 21-20. Beberapa kali, Ahmad/Natsir membiarkan lawan menembus pertahanannya. Hingga skor berhasil direbut Zhang/Zhao dengan menggungguli 23-21 atas Ahmad/Natsir/.

Performa Ahmad/Natsir semakin merosot selama permainan pada gim ketiga. Natsir beberapa kali terjatuh dan kebobolan smash dari lawan, menambah ketegangan di arena pertandingan. Pasangan yang digadang-gadangkan untuk menjadi juara oleh PBSI ini tertinggal poin dari lawan, hingga Zhang/Zhao unggul 11-8 di paruh gim ketiga.

Tak pelak, skor Ahmad/Natsir semakin kalah jauh tertinggal dan membuat Zhang/Zhao memimpin perolehan skor 21-12 pada akhir rubber game.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement