Ahad 09 Aug 2015 06:24 WIB

Mitos dan Fakta Seputar Mimpi Basah

Tidur (ist)
Foto: Youtube
Tidur (ist)

REPUBLIKA.CO.ID, Mimpi basah kerap terjadi pada laki-laki yang mulai memasuki usia pubertas. Sayangnya, hal ini terkadang tak didiskusikan dengan baik oleh anak ke orang tua mereka.

Bahkan, ada orang tua yang tidak peduli sehingga anak mencari arti mimpi tersebut melalui orang lain. Adapula sebagian yang mengatakan terbangun dengan sesuatu asing menempel di celana adalah hal yang aneh.

Dilansir dari Selfgrowth Ahad (9/8) berikut penjelasan mitos dan fakta seputar mimpi basah terkait masalah kesehatan laki-laki.

Mitos: Mimpi basah adalah perbuatan keji

Fakta: Ketika anak laki-laki sudah cukup usia mencapai pubertas mereka, tubuh mulai menghasilkan hormon testosteron yang lebih tinggi. Cairan ini menumpuk di tubuh dan dilepaskan melalui ejakulasi. Seringkali hal ini terjadi di malam hari dengan bermimpi melakukan hubungan seksual dengan lawan jenis. Dalam ilmu kesehatan ini adalahhal yang wajar. Proses tersebut adalah proses hormonal, bukan kelainan seksual. Pria di segala usia pernah dan bahkan cukup sering mengalami hal ini dengan frekuensi yang berbeda-beda.

Mitos: Ejakulasi malam hari mengurangi produksi sperma

Fakta: Seorang pria memiliki jumlah sperma yang berbeda-beda dan dikeluarkan menurut kebutuhan masing-masing. Setelah itu sperma akan terus diproduksi, meski jumlah pasokan menjadi lebih sedikit setelah ejakulasi dan cepat tergantikan. Di sisi lain, pria yang tidak ejakulasi, baik melalui hubungan seksual, masturbasi, atau mimpi basah, mungkin terikat dengan pasokan produksi sperma lebih sedikit dibanding pria yang aktif secara seksual.

Mitos: Ejakulasi tanpa hubungan akan membuat pria lebih lemah

Fakta: Banyak pemuda yang telah diberitahu bahwa kehilangan setetes mani sama seperti kehilangan satu liter darah, jelas itu salah! Ejakulasi dengan cara apapun sama sekali tidak memengaruhi kesehatan dari pria tersebut. Pada kenyataannya ejakulasi membuat produksi hormon semakin baik dan dapat membantu pria meringankan stres. Hal ini benar-benar meningkatkan kesehatan tubuh manusia sebagai bentuk upaya melawan dari segala macam penyakit.

Mitos: Tidak mimpi basah, sesuatu yang salah!

Fakta: Pria yang tidak mengalami mimpi basah bukanlah seuatu hal yang salah. Setiap hormon pria berbeda. Hal ini juga tidak memengaruhi kesehatan dari pria tersebut. Tak ada pria yang sadar, bahwa tidur berkeringat terkadang membuat sperma keluar secara samar-samar. Dan itu tidak diawali dengan sebuah mimpi erotis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement