Sunday, 16 Rajab 1442 / 28 February 2021

Sunday, 16 Rajab 1442 / 28 February 2021

Anies Baswedan: Muhammadiyah Berperan Penting Dalam Pendidikan Indonesia

Senin 03 Aug 2015 19:37 WIB

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Logo Muhammadiyah.

Logo Muhammadiyah.

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Keberadaan Muhammadiyah jauh sebelum negara Indonesia mendapatkan kemerdekaan, sangat berperan penting dalam dunia pendidikan. Muhammadiyah mampu memberikan ilmu terhadap ribuan masyarakat dikala bangsa kita masih mendapat tekanan dari para penjajah.

"Muhammadiyah sudah hadir mendidik, sebelum republik ini berdiri. Dan pendidikan yang dihadirkan oleh Muhammadiyah sangat mencerahkan," ujar Anies usai mengikuti pembukaan Muktamar Muhammadiyah ke-47 dan Aisyiyah Satu Abad di lapanagan Karebosi, Senin (3/8).

Menurut Anies, sejak awal berdirinya Muhammadiyah, perserikatan ini memang selalu mendorong gerakan utnuk pembangunan. Sehingga pemerintaah sangat mengaperesiasi segala hal luar biasa yang telah dilakukan Muhammadiyah.

Anies juga sepakat dengan pernyatan Presiden Joko Widodo yang emnyebut  bahwa Muhamamdiyah sukses menghidupkan dan mencerdasakan bangsa melalui berbagai fasilitas yang mulai dari segi kesehatan sampai pendidikan.

"Makanya pemerintah kalau bicara pendidikan, negara ini punya banyak hutan pada Muhammadiyah yang sudah hadir mendidik sebelum pendidikan di negara ini dilahirkan," ujar Anies.

Dia pun mengapresiasi tokoh-tokoh Muhammadiyah yang tidak tersentralisir dalam satu atau dua orang. Dengan stok pemimpin yang cukup banyak, dan paham berkekemajuan Muhammadiyah, Anies berharap Muhamamdiyah akan terus berperan demi kebaikan bangsa.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA