Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Tiga Cara Terbebas Kebiasaan Mengidam Makanan

Senin 03 Aug 2015 06:31 WIB

Rep: MGROL 41/ Red: Indira Rezkisari

Para peneliti telah mempelajari bahwa mengidam makanan berasal dari emosi atau memori.

Para peneliti telah mempelajari bahwa mengidam makanan berasal dari emosi atau memori.

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak orang yang tergoda dengan makanan dengan cita rasa manis, pedas atau asin. Kebutuhan akan panganan tertentu telah mengambil alih tubuh dan pikiran. Membuat kita menyimpan cemilan, cokelat, atau kripik pedas. Menyebabkan tubuh mengidam  akan makanan-makanan tersebut. Tidak peduli Anda sedang diet yang penting keinginan mengudap bisa terobati.

Seperti yang dilansir dalam situs Womensrunning, Senin (3/8), para peneliti telah mempelajari bahwa mengidam makanan berasal dari emosi atau memori. Ketika wanita mengalami menstruasi sebulan sekali mereka mungkin menginginkan cemilan misalnya cokelat atau sesuatu yang manis. Atau mungkin ketika Anda sakit, ibumu membuatkan Anda sup khusus kesukaan. Dan Anda menjadi seperti mendambakan hal tersebut setiap kali merasa sedang kurang sehat.

Mengidam makanan disebabkan kinerja otak yang memicu emosi dan menghubungkannya dengan memori akan kenangan mengenai makanan lezat tersebut. Emosi yang mencakup stress, dan bosan menjadi isyarat lapar, dan orang-orang ingin sesuatu untuk menenangkan emosi mereka. Saat itulah makanan dapat menciptakan kenyamanan bagi mereka saat melahap makanan tersebut.

Tidak peduli seberapa stres, sedih, bahagia, lelah bekerja atau bosan, ada cara untuk menjaga Anda dari mengidam akan makanan tertentu. Dr Alan Christianson, seorang Naturopathic Dokter (NMD) yang mengkhususkan diri dalam endokrinologi alami dan juga seorang penulis New York Times terlaris yang menulis panduan untuk penyembuhan penyakit tiroid dan juga diet membagi beberapa metode untuk mengatasi kebiasaan mengidam makanan.

Berprotein

Protein tidak hanya untuk menjaga berat badan atau bagus untuk perbaikan otot. Protein untuk membantu merasa kenyang dan menghindari mengunyah makanan ringan. Cobalah untuk makan 25 sampai 35 gram protein lengkap dalam waktu satu jam setelah bangun tidur. Anda juga dapat memakan beberapa ikan, unggas atau daging. Ini akan membuat Anda merasa kenyang sepanjang hari.

Berjemur

Bergerak di pagi hari tidak hanya baik untuk metabolisme dan meningkatkan endorfin Anda, tetapi juga membantu menjaga dari dorongan untuk makan. Dapatkan 30 menit dari sinar matahari dalam waktu satu jam setelah bangun tidur. Matahari memberi tubuh sarapan tinggi protein luar atau cahaya matahari.

Batasi kafein

Maaf pecinta kopi, kafein yang Anda minum justru membuat ingin mengkonsumsi permen sebagai pemanis setelah mengonsumsi secangkir kopi. Kurangi asupan kafein Anda.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA