Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Tiga Penyakit yang Bisa Dicegah dengan Makan Pisang

Kamis 30 Jul 2015 14:16 WIB

Rep: MGROL 41/ Red: Indira Rezkisari

Pisang

Pisang

Foto: Republika/ Aditya

REPUBLIKA.CO.ID, Tentu banyak yang bertanya, Apakah pisang membuat gemuk? Banyak yang mengklaim dan berpendapat bahwa pisang menyebabkan tubuh memproduksi banyak insulin. Sedang insulin adalah zat yang memicu pertumbuhan lemak.

Bagaimana tubuh menghasilkan banyak insulin terkait dengan seberapa cepat makanan menjadi gula dalam aliran darah. Bagaimana Anda bisa tahu jika makanan membuat banyak gula dengan cepat di dalam tubuh? Peringkat indeks glikemik (GI) mencoba memberitahu. Makanan dengan skor GI di atas 75 dianggap makanan tinggi GI. Pisang memiliki GI dari 62, yang dianggap rendah gula.

Berat badan langsing dapat menjadi perjuangan bagi siapa pun, tetapi sangat sulit bagi penderita diabetes. Sebuah penelitian mengamati bagaimana pati dari pisang mentah mempengaruhi berat sekelompok penderita diabetes obesitas. Setelah empat minggu dari diet tinggi pada pisang, penderita diabetes kehilangan secara signifikan berat badan yang berlebih bila mereka melakukan diet lain. Mereka juga melihat perbaikan dalam sensitivitas insulin dari diet pisang.

Pisang merupakan sumber yang kaya serat,yang telah terbukti dapat membantu penurunan berat badan. Pisang yang masih berkulit hijau bahkan lebih tinggi kandungan seratnya.

Manfaat pisang berlanjut. Dikutip dari Huffington Post, Kamis (30/7), ada berbagai risiko yang bisa ditekan lewat konsumsi pisang.

Stroke
Sekelompok lebih dari 90.000 wanita, usia 50-79 tahun, diteliti selama 11 tahun untuk melihat bagaimana diet mereka memprediksi risiko stroke. Mereka yang memiliki kalium di tubuhnya yang berasal dari pisang setiap hari memiliki 25 persen pengurangan risiko stroke.

Diabetes
Seiring dengan membantu penderita diabetes menurunkan berat badan, pisang menurunkan risiko penyakit diabetes untuk berkembang.

Kanker
Pisang adalah buah yang paling bagus untuk memperkecil risiko kanker ginjal. Dalam sebuah studi besar, 61.000 wanita dewasa ditanya tentang diet mereka dan dipantau terkait penyakit kanker ginjal selama 13,4 tahun. Banyak jenis produk yang membantu, tapi pisang adalah buah terbaik untuk menurunkan risiko kanker ginjal.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA