Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Rahasia RAN Jaga Kekompakan

Rabu 29 Jul 2015 11:46 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Winda Destiana Putri

Grup musik RAN

Grup musik RAN

Foto: Republika/Raisan Al Farisi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Grup musik RAN punya rahasia sendiri untuk menjaga kekompakan mereka. Masing-masing anggota, yaitu Rayi, Asta, dan Nino mengatakan bila kekompakan memang menjadi prioritas utama mereka.

Sejak aktif pada 2008 lalu, perjalanan karir RAN di industri musik Tanah Air memang bisa dikatakan sukses. Semakin lama, nama grup musik ini semakin matang. Karya-karya yang mereka hasilkan juga selalu ditunggu para penggemar.

Bagi Rayi, Asta, dan Nino kunci utama kekompakan mereka selama tujuh tahun terakhir adalah komunikasi. Ketiganya mengakui, tanpa adanya komunikasi, maka kekompakan dapat tidak terjaga. Karena itulah, hal-hal sekecil apapun, khususnya yang berhubungan dengan pekerjaan ini harus selalu dibicarakan.

"Kita yang pasti prioritas utama selama kerja itu ya RAN dan pastinya untuk jaga kekompakan, enggak ada perjanjian khusus atau apa, tapi yang penting komunikasi, jadi apapun ya diobrolin," ujar Nino dalam acara peluncuran lagu 'Para Pemenang' di Jakarta, Selasa (28/7) kemarin.

Rayi juga mengungkapkan selama ini, tidak ada masalah besar yang pernah terjadi diantara sesama anggota RAN. Termasuk saat bekerja, menghibur para penggemar mereka.

Ia menjelaskan masalah yang sering terjadi adalah persoalan kecil mengenai lagu apa saja yang akan mereka buat. Biasanya, saat akan membuat lagu terbaru, pilihan mengenai lirik, tema, hingga nada dan aransemen pasti ditentukan lebih dahulu dari pendapat masing-masing anggota.

"Biasanya gue maunya gini, Asta maunya gini, Nino maunya gini ya masing-masing beda tapi nanti dipilih satu solusi dan semuanya harus bisa nerima lapang dada, nerapin musyarakat untuk mufakat kayak di pelajaran Kewarganegaraan," jelas Rayi dalam kesempatan yang sama.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA