Rabu 29 Jul 2015 14:04 WIB

Kentang Baik Bagi Kesehatan Jantung Penyandang Diabetes

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Kentang
Kentang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jenis makanan umbi-umbian seperti kentang dapat menjadi pilihan tepat untuk penyandang diabetes. Rasanya yang enak dan tekstur lembut bisa menjadi pengganti nasi.

Keunggulan kentang pun begitu banyak dan tidak perlu diragukan lagi manfaatnya bagi penyandang diabetes. Dilansir dari Boldsky, Selasa (29/7) berikut ini manfaat yang didapat ketika penyandang diabetes mengonsumsi kentang.

Pertama, menjaga otak dan jantung. Kentang kaya akan vitamin B6 yang dapat mencegah terjadinya stroke dan serangan jantung. Ditambah lagi, vitamin B6 menawarkan perlindungan maksimal bagi organ tubuh lain dari kerusakan yang diakibatkan penyakit diabetes.

Kedua, membuat asam folat dan zat besi. Kentang dapat mencegah dan mengobati anemia. Hal ini karena kentang memiliki limpahan begitu besar akan asam folat dan zat besi. Kedua jenis itu meningkatkan tingkat hemoglobin dalam sel darah merah dan juga mengobati anemia.

Ketiga, mencegah berat badan bertambah. Kentang dapat menjadi makanan diet yang mengatur berat badan. Hal ini karena kentang membantu pencernaan berjalan lancar yang berefek pada pencegahan sembelit. Setelah memakan kentang, pasti rasa kenyang langsung didapat sehingga menghindari konsumsi makan lain yang tidak perlu. Ini juga menjadi cara para penyandang diabetes mengontrol kadar gula darah dan membantu penurunan berat badan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement