Senin 27 Jul 2015 23:39 WIB

Baru Dibuka, Jakbook 2015 Bukukan Transaksi Rp 1,6 Miliar

Suasana Jakbook & Edu Fair 2015 yang digelar di Plaza Parkir Timur Senayan, 27 Juli hingga 3 Agustus 2015
Foto: Irwan Kelana/Republika
Suasana Jakbook & Edu Fair 2015 yang digelar di Plaza Parkir Timur Senayan, 27 Juli hingga 3 Agustus 2015

REPUBLIKA.CO.ID,

JAKARTA – Jakarta Book Fair and Education Fair (Jakbook & Edu  Fair) 2015 dibuka secara resmi oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Senin (27/7) sore. Pameran yang diadakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) DKI Jakarta itu digelar di Plaza Parkir Timur Senayan Jakarta, 27 Juli hingga 3 Agustus 2015.

Bank DKI menjadi sponsor utama pameran yang didukung oleh Pemprov DKI Jakarta tersebut. Sementara itu Harian Republika menjadi media partner pameran buku dan pendidikan yang digelar rutin setiap tahun oleh Ikapi DKI Jakarta itu.

Antusiasme masyarakat terhadap Jakbook & Edu Fair 2015 luar biasa. Terbukti dari jumlah pengunjung maupun transaksi yang mencapai miliaran rupiah.

“Hanya dalam hitungan jam sejak pameran diresmikan oleh Gubernur DKI sore tadi hingga pukul 20 malam ini, transaksi Jakbook & Edu Fair 2015 mencapai 12 ribu transaksi dengan nilai total Rp 1,6 miliar,” kata  Corporate Secretary Bank DKI Zulfarshah kepada Republika di arena Jakbook & Edu Fair 2015, Senin (27/7) malam.

Zulfarshah  menambahkan, pameran tersebut masih akan berlangsung tujuh hari lagi hingga Senin pekan depan (3/8). “Kami yakin jumlah transaksi maupun nilainya akan terus meningkat dari hari ke hari,” kata Zulfarshah.

Ketua Ikapi DKI Afrizal  Sinaro mengatakan, salah satu keistimewaan Jakbook 2015 adalah para  pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) berkesempatan untuk membeli buku bacaan  dan perlengkapan sekolah mulai dari seragam sekolah, tas sekolah, sepatu dan kaos kaki, alat gambar, buku tulis dan alat tulis. “Caranya melalui debet rekening Bank DKI,” ujar Afrizal.

Pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) adalah para pelajar SD, Madrasah Ibtidaiyah (MI), SMP, Madrasah Tsanawiyah, SMA, Madrasah Aliyah dan SMK di DKI. “Jumlahnya sekitar 489 ribu orang,” papar Afrizal Sinaro.

Lalu bagaimana dengan masyarakat umum yang tidak memiliki KJP? Menurut Zulfarshah, warga umum yang akan menghadiri Jakbook & Edu Fair 2015 bisa melakukan pembelian dan pengisian ulang (top up) JakCard melalui Debit di EDC. “Kami menyediakan dua  ATM Bank DKI & mobile branch Bank DKI di lokasi pameran,” ujar Zulfarshah.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement