Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Jus Jeruk Bantu Jaga Kesehatan Jantung Anda

Senin 27 Jul 2015 09:50 WIB

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri

Jus Jeruk Keprok (Ilustrasi)

Jus Jeruk Keprok (Ilustrasi)

Foto: The Telegraph

REPUBLIKA.CO.ID, Meminum jus jeruk selain rasanya yang segar dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung. Studi ini dipublikasikan oleh American Journal of Clinical Nutrition.

Jeruk yang dapat menghasilkan efek ini adalah jenis keprok atau dikenal dengan grapefruit. Meminum setengah liter jus jeruk ini akan membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Menurut para ilmuwan, flavanon yang terdapat pada jeruk membantu memperbaiki struktur dinding pembuluh darah. Menurut informasi, penyakit jantung menjadi pembunuh terbesar di Inggris. Sekitar 73 ribu orang per tahun meninggal karena penyakit yang berhubungan dengan jantung, dilansir dari Dailymail Senin (27/7).

Memakan buah-buahan memang telah lama diketahui memiliki efek perlindungan pada tubuh. Penelitian lain dari Institut Nasional Perancis untuk Penelitian Pertanian di Clermont-Ferrand, Prancis, mengungkapkan hal yang kurang tepat dari jurnal sebelumnya.

Penelitian ini meminta 48 wanita sehat berusia sekitar 50 hingga 65 tahun dengan kelompok memiliki risiko tinggi terkena penyakit jantung. Setengah kelompok diharuskan meminum 340 mililiter jus jeruk dengan flavanon dan sisanya meminum jus jeruk tanpa flavanon.

Hasil dari uji coba selam enam bulan menunjukan bahwa setelah konsumsi rutin flavanon, ada peningkatan yang signifikan dalam kesehatan pembuluh darah kelompok wanita itu. Hanya sedikit bahkan tidak ada peubahan signifikan terhadap kelompok lain yang meminum jus jeruk tanpa flavanon.

Peneliti mengukur percobaan ini dengan menggunakan tes flow-mediated dilation, yang dirancang untuk menunjukkan bagaimana feksibilitas dinding alteri. Semakin elastis dinding alteri maka lebih baik karena memungkinkan darah mengalir lebih bebas ke jantung.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA