Tuesday, 18 Rajab 1442 / 02 March 2021

Tuesday, 18 Rajab 1442 / 02 March 2021

PKB Usung Kholiq Lawan Emil Elestianto Dardak di Pilkada Trenggalek

Ahad 26 Jul 2015 12:32 WIB

Red: Erik Purnama Putra

Emil Elestianto Dardak maju di Pilkada Trenggalek.

Emil Elestianto Dardak maju di Pilkada Trenggalek.

Foto: Ist

REPUBLIKA.CO.ID, TRENGGALEK -- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi mengusung pejabat kini Wakil Bupati Trenggalek, Kholiq, sebagai bakal calon Bupati Trenggalek periode 2015-2020, berpasangan dengan pengusaha Papua asal daerah itu, Priyo Handoko, yang sama-sama berlatar belakang Nahdliyin.

"Pencalonan ini sudah mendapat restu dari DPP PKB," kata Sekretaris DPC PKB Trenggalek Samsul Anam dikonfirmasi di sela-sela persiapan pendaftaran Calon Bupati/Wakil Bupati Trenggalek di KPU Trenggalek, Ahad (26/7).

Sebagai partai pemenang pemilu, kata Anam, PKB percaya diri untuk mengusung pasangan calon tanpa harus berkoalisi. Menurut Anam, PKB yang meraih sembilan kursi DPRD telah memenuhi syarat minimal perolehan suara 20 persen, sehingga bisa langsung mendaftarkan calon ke KPU.

"Kalau harus berkoalisi dan melibatkan partai pengusung, persyaratan dan prosedurnya malah menjadi rumit. Kami putuskan untuk mengusung sendiri, tapi tetap dengan dukungan partai lain," terangnya.

Dia mengatakan, ada tiga partai politik yang telah berkomitmen untuk mendukung pencalonan Kholiq-Priyo Handoko, yakni Partai Nasdem, PKPI, dan PKS. Kendati belum ada deklarasi ataupun ikrar secara resmi, namun komunikasi politik antara PKB dan ketiga partai itu sudah terbangun dengan baik.

Melalui jajaran pengurus masing-masing, mereka bahkan telah berkomitmen untuk memenangkan pasangan Kholiq-Priyo Handoko dalam Pilkada Trenggalek, 9 Desember 2015. "Untuk Gerindra, belum ada kesepahaman resmi. Namun pendekatan politik terus kami lakukan dan semoga dalam waktu dekat bisa bergabung dalam koalisi pemenangan Kholiq-Priyo," katanya.

Menurut Samsul Anam, elektabilitas Kholiq sebagai petahana saat ini masih tertinggi dibanding calon lain. Dia mengutip, hasil survei yang dilakukan salah satu lembaga survei yang digunakan internal PKB selama satu bulan terakhir.

Tingkat keterpilihan Kholiq masih tertinggi dengan hasil poling 40 persen, jauh di atas elektabilitas suami artis Arumi Bachsin, Emil Elestianto Dardak, yang juga maju bursa Pilkada Trenggalek dengan hasil poling sekitar 19 persen. "Elektabilitas Mochammad Nur Arifin yang berpasangan dengan Emil bahkan tidak ada alias nol. Jadi posisi calon kami masih di atas angin," ujarnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA