Selasa 21 Jul 2015 17:47 WIB

Renang Bantu Turunkan Berat Badan (1)

Rep: Desy Susilawati/ Red: Ani Nursalikah
Berenang merupakan olah raga yang paling banyak menggunakan otot-otot tubuh.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Berenang merupakan olah raga yang paling banyak menggunakan otot-otot tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kolam renang merupakan tempat terbaik untuk mendinginkan tubuh di cuaca yang panas. Daripada bermalas-malasan di atas pelampung atau duduk di pinggiran dengan sebuah buku, setidaknya anda harus menggabungkan beberapa olahraga pada aktivitas berenang rutin anda.

Berikut adalah beberapa cara terbaik untuk menurunkan berat badan di dalam kolam, seperti dilansir dari laman allwomenstalk, Selasa (21/7).

Balet air

Jika Anda ingin menguatkan kaki, cobalah bergerak dengan melakukan balet air. Salah satu cara terbaik adalah mengangkat lutut, mengangkat kaki dan mengibaskan tendangan. Cara ini mudah dilakukan dan bisa membantu membentuk otot di area yang diinginkan.

Lari di dalam air

Memang akan lebih sulit berlari di dalam air dibandingkan lari di tanah. Ini mengapa cara ini merupakan olahraga kardio (yang berhubungan dengan jantung) terbaik. Yang harus anda lakukan adalah mengangkat lutut dan gerakkan lengan anda di satu tempat.

Pull up di satu sisi kolam

Jika memiliki kolam bawah tanah, anda bisa berenang ke pinggir kolam kemudian lakukan push up pada fondasi beton. Yang harus anda lakukan adalah tempatkan telapak tangan di dasar dan angkat diri ke atas dengan lengan. Jaga kaki jauh dari dinding karena ini akan betul-betul menipu. Olahraga ini tujuannya untuk membentuk otot tangan, bukan kaki.

Aerobik air

Ini adalah olahraga rutin yang bisa anda coba karena terdiri dari beberapa latihan fisik yang berbeda. Anda bisa melompat, jadi pastikan berdiri di tempat yang dangkal dari kolam renang dimana kepala berada di atas air dan kaki di dasar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement