Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Begini Cara Melawan 'Ngemil' tidak Sehat

Sabtu 18 Jul 2015 03:23 WIB

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri

Keinginan ngemil bisa dikendalikan asal tahu kiatnya

Keinginan ngemil bisa dikendalikan asal tahu kiatnya

Foto: loseweightfast.net

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Godaan mengonsumsi makanan ringan padat kalori atau bahkan junk food memang sulit dihindari. Terlebih lagi jika Anda seorang yang senang ditemani saat bekerja atau melakukan aktivitas dengan sebuah camilan.

Kebiasaan ini lama-kelamaan tidak baik bagi tubuh. Berbagai penyakit akan segara menghampiri tanpa perlu diundang. Bingung bagaimana memulai hidup agar terhindar dari godaan makan ringan ini? Dilansir dari Dailymail, Sabtu (18/7), berikut ini cara melawan ngemil junk food yang didapat dari Duke University.

Pertama, sebelum Anda memasukkan makan ke mulut, coba berhenti dan bertanya pada diri sendiri. Apakah saya lapar? Mengapa saya makan ini? Apakah makanan ini dapat memberikan kesehatan? Bagaimana saya akan memutuskan berhenti mengkonsumi makan ini?

Kedua, pilih hidangan dengan porsi kecil. Meminta porsi yang lebih kecil dengan komposisi seimbang akan membantu Anda. Ingat, jangan tambah makan tersebut jika sudah habis.

Ketiga, memperlambat proses makan. Mulai makan dengan santai dan lambat. Coba berhenti makan setelah sepuluh gigitan dan dan rasakan apakah Anda masih merasakan lapar atau justru sudah kenyang.

Keempat, ambil jeda sepuluh menit setelah makan untuk menentukan apakah Anda harus memakan lebih banyak.

Kelima, Pertimbangkan makan dengan alat yang tidak dominan di tangan. Seperti menggunakan sumpit dari pada menggunakan tangan langsung atau sendok.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA