Senin 13 Jul 2015 14:08 WIB

Manfaat Mendengarkan Lagu yang Sama Berulang-ulang

Rep: MG ROL 40/ Red: Hazliansyah
Mendengarkan musik (Ilustrasi)
Foto: Dailymail
Mendengarkan musik (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, -- Kita sering memutar lagu yang kita sukai berulang-ulang. Entah karena nadanya yang indah ataupun karena liriknya yang mendalam. Meskipun banyak lagu baru yang bisa dinikmati, anda masih terpaku dengan satu lagu itu-itu saja. Tapi tenang, kebiasaan ini ternyata membawa dampak yang positif.

Dilansir dari On Repeat: How Music Plays the Mind, Senin (13/7), memutar musik dengan repeat mode ternyata bisa meningkatkan aktivitas sosial dan biologi perseorangan dan kelompok.

Bahkan dalam kelompok tertentu, mendengarkan lagu yang sama berkali-kali bisa meningkatkan tradisi. Selain itu, kebiasaan seperti ini juga membuat penikmatnya merasakan karya tersebut.

Di sisi lain, mendengarkan musik atau lagu yang sama juga bisa membangkitkan dejavu.

Studi ini dilakukan dengan menganalisis berbagai aliran musik dalam rentang waktu dan budaya yang berbeda. Kajian ini dilakukan oleh Elizabeth Hellmuth Margulis dari Universitas Arkansas.

Dalam penelitiannya, Elizabeth menggabungkan berbagai disiplin ilmu. Mulai dari teori musik, psikolinguistik, kognitif psikologi, dan neuroscience. Hal tersebut dilakukan untuk meneliti bagaimana seseorang merespons terhadap lagu yang sama dan diputar secara berulang-ulang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement