Ahad 12 Jul 2015 18:31 WIB

UM Muhammadiyah Diserbu Calon Mahasiswa Baru

Rep: Heri Purwata/ Red: Agung Sasongko
Universitas Muhammadiyah Magelang.
Foto: Ist
Universitas Muhammadiyah Magelang.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Setelah pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang, Jawa Tengah diserbu pendaftar. Tahun ajaran 2015/2016, UM Magelang akan menerima 1.250 mahasiswa  baru.

"Setelah pengumuman SBMPTN, pengaruh terhadap jumlah pendaftar ke UM Magelang sangat signifikan," kata  Eko Muh Widodo, Rektor UM Magelang kepada wartawan di Magelang, Sabtu (11/7) sore.

Disadari Eko Widodo, UM Magelang belum menjadi pilihan utama calon mahasiswa. Karena itu, UM Magelang mengharapkan limpahan calon mahasiswa yang tidak diterima di perguruan tinggi negeri (PTN).

Hingga Sabtu (11/7), kata Eko, sudah ada pendaftar sebanyak 700 calon mahasiswa. Jumlah ini akan terus meningkat karena pendaftaran akan ditutup hingga 19 September 2015 mendatang.

Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang  memiliki enam fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Agama Islam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, dan Fakultas Ilmu Kesehatan.

Berdasarkan pendaftar, fakultas yang favorit adalah Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Teknologi Informasi di Fakultas Teknik, dan  Fakultas Ilmu Kesehatan.

Untuk seleksi mahasiswa baru, UM Magelang menggunakan sistem one day service yaitu Computer Base Test (CBT). "Jika lolos seleksi calon mahasiswa bisa langsung mendaftar ulang dan diberi tenggang waktu dua pekan bagi yang tidak langsung mendaftar ulang," kata Eko.

Namun untuk Fakultas Ilmu Kesehatan dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan tidak hanya CBT, tetapi masih harus mengikuti tes wawancara. "Tes wawancara dimaksudkan untuk mengetahui kesehatan fisik calon mahasiswa. Sedang bagi Fakultas Keguruan untuk mengetahui performace calon mahasiswa," tandas Eko.

UM Magelang yang sudah memasuki usia ke 51 tahun ini telah terakresitasi institusi dengan nilai B. Akreditasi diperoleh dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

"Untuk memperingati milad ke 51, akan digelar seminar nasional, tabligh akbar, berbagai lomba olahraga, dan orasi ilmiah," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement