Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

UPI Bagikan Paket Sembako

Kamis 09 Jul 2015 16:25 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Dwi Murdaningsih

Salah satu sudut kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Salah satu sudut kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Foto: blogspot.com

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), memanfaatkan bulan Ramadhan untuk berbagi. UPI membagikan 1.313 paket sembako pada dhuafa dan masyarakat sekitar, di Masjid Al Furqon UPI, Jumat (10/7).

"Kami ingin berbagi dengan masyarakat makanya ada pembagian 1.313 paket sembako untuk masyarakat . ya termasuk untuk dhuafa,’’ ujar Rektor UPI, Furqon, Kamis (9/7).

Furqon mengatakan, setiap tahun program berbagi sembako ini rutin dilakukan. Namun, jumlahnya berbeda-beda. Sebelumnya, hanya 1.000 paket, lalu tahun berikutnya  1.100 dan tahun ini 1.313. Tujuannya,selain bisa berbagi kebahagiaan dengan masyarakat tak mampu, kegiatan tersebut merupakan perintah agama.

Dikatakan Furqon, dana untuk berbagi tersebut merupakan dana perorangan semua civitas UPI dari lembaga juga. Saat ini, memang UPI belum mengelola zakat civitas akademika secara langsung. Tapi, punya  baitul maal wa tanwil yang bisa menerima titipan sodakoh dan infak.

"Belum ada lembaga (zakat, red) sendiri. Ke depan, ya bagus saya pikir kalau dikelola. Kan perintahnya dalam Alquran kan ambilah 2,5 persen untuk mensucikan harta kita," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA