Kamis 09 Jul 2015 16:25 WIB

UPI Bagikan Paket Sembako

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Salah satu sudut kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.
Foto: blogspot.com
Salah satu sudut kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), memanfaatkan bulan Ramadhan untuk berbagi. UPI membagikan 1.313 paket sembako pada dhuafa dan masyarakat sekitar, di Masjid Al Furqon UPI, Jumat (10/7).

"Kami ingin berbagi dengan masyarakat makanya ada pembagian 1.313 paket sembako untuk masyarakat . ya termasuk untuk dhuafa,’’ ujar Rektor UPI, Furqon, Kamis (9/7).

Furqon mengatakan, setiap tahun program berbagi sembako ini rutin dilakukan. Namun, jumlahnya berbeda-beda. Sebelumnya, hanya 1.000 paket, lalu tahun berikutnya  1.100 dan tahun ini 1.313. Tujuannya,selain bisa berbagi kebahagiaan dengan masyarakat tak mampu, kegiatan tersebut merupakan perintah agama.

Dikatakan Furqon, dana untuk berbagi tersebut merupakan dana perorangan semua civitas UPI dari lembaga juga. Saat ini, memang UPI belum mengelola zakat civitas akademika secara langsung. Tapi, punya  baitul maal wa tanwil yang bisa menerima titipan sodakoh dan infak.

"Belum ada lembaga (zakat, red) sendiri. Ke depan, ya bagus saya pikir kalau dikelola. Kan perintahnya dalam Alquran kan ambilah 2,5 persen untuk mensucikan harta kita," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement