Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Ladies, Ini Penyebab Penuaan Kulit

Senin 06 Jul 2015 14:31 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Setelah usia 25 tahun kulit akan mengalami penuaan. Hal ini disebabkan oleh faktor genetik dan lingkungan.

Setelah usia 25 tahun kulit akan mengalami penuaan. Hal ini disebabkan oleh faktor genetik dan lingkungan.

Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap perempuan pasti ingin memiliki wajah cantik dan awet muda. Mereka tidak ingin kulitnya menua, muncul kerutan atau flek hitam terutama di bagian wajah. Padahal penuaan kulit itu merupakan hal lumrah yang akan dihadapi setiap orang. Apa sebenarnya penyebab penuaan kulit ini?

Dokter spesialis kulit dari Bamed Skin Care, dr Sari Chairunnisa, SpKK, menjelaskan kulit merupakan karunia Allah SWT. Sejak lahir kita diberikan kulit sehat. Namun, setelah usia 25 tahun kulit akan mengalami penuaan. Hal ini disebabkan oleh faktor genetik dan lingkungan.

Faktor genetik merupakan faktor dari dalam. Semua kulit pada dasarnya akan menua. Hal ini tidak dapat dihindari. Seiring bertambahnya usia, semakin tua pula kulit kita. Bahkan bukan kulit saja yang menua, daya ingat, stamina dan konsentrasi juga berkurang.

Selain itu, penuaan kulit akan lebih cepat terjadi karena faktor lingkungan. Misalnya sinar matahari, gaya hidup tidak sehat, merokok dan polusi. “Faktor lingkungan 90 persen mempengaruhi. Sinar matahari, gaya hidup tidak sehat, makan gorengan, kurang konsumsi serat, merokok juga polusi udara yang banyak mengandung radikal bebas yang merusak kulit. Bahkan bisa disebabkan oleh atrofi otot dan tulang,” ujarnya dalam acara Event Health Talk & Trunk Show di Jakarta, beberapa waktu lalu.
 
Ia mengungkapkan saat muda kulit cerah tidak ada spot, flek, ataupun kerutan. Namun saat usia menginjak 25 tahun kulit mulai menunjukkan tanda penuaan, terutama daerah yang paling sering terpapar matahari. Kekencangan atau kekenyalan kulit akan berkurang, bagian di sekitar mata akan mengantung juga di bagian sekitar bibir. Selain itu juga muncul kerutan.

Penuaan kulit juga ditandai oleh menipisnya rambut Anda, warna kulit dan rambut tidak seperti dahulu. Mata, bibir, dahi dan pipi Anda terdapat kerutan, dagu menggantung juga bagian leher.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA