Monday, 28 Ramadhan 1442 / 10 May 2021

Monday, 28 Ramadhan 1442 / 10 May 2021

Greenland, Negara dengan Wilayah Berlapis Es

Ahad 05 Jul 2015 10:11 WIB

Rep: c26/ Red: Hazliansyah

Greenland

Greenland

Foto: greenland.go

REPUBLIKA.CO.ID, -- Tidak banyak yang tahu hal menarik dari Pulau Greenland. Faktanya Greenland memiliki begitu banyak hal menarik untuk menjadi tujuan wisata. Di mana Anda bisa mendapatkan pengalaman berbeda dari negara-negara lain. 

Dilansir dari laman Travel Magazine, Ahad (5/7) Green memiliki fakta menarik yang mungkin akan merubah pandangan Anda untuk mencoba mampir ke daerah salju ini.

Jika menilik dari namanya, orang berasumsi pasti banyak tumbuhan hijau di sana. Padahal tidak ada tanah apalagi pohon-pohon hijau yang tumbuh di sana.

Di Greenland tidak ada tanah yang mengandung air. Air minum hanya berasal dari es dan hujan. Namun di Greenland Anda dapat menikmati air hangat langsung dari panas bumi dikelilingi oleh puncak gunung-gunung es. 

Lapisan es di Greenland meliputi keseluruhan wilayahnya. Negara ini penuh dengan pegunungan es dan gletser. Jika Anda bertandang ke sana, sejauh mata memandang yang terlihat adalah wilayah penuh es berwarna putih.

Tentunya dengan wilayah berupa es, tidak semua transportasi bisa digunakan. Moda transportasi utama di Greenland adalah dengan memanfaatkan anjing. 

Anjing akan menarik kereta yang ditumpangi penduduk. Dalam sejarahnya, transportasi menggunakan anjing sebagai hewan utama sudah berlangsung sejak lima ribu tahun sebelumnya. Selain untuk transportasi, anjing juga digunakan sebagai hewan untuk berburu.

Sebagai salah satu wilayah di benua Amerika, Greenland merupakan bagian dari Kerajaan Denmark. Namun negara ini memiliki otonomi tingkat tinggi, yang terakhir diperluas pada tahun 2009. 

Bahasa Denmark juga digunakan sebagai bahasa utama kedua setelah bahasa Greenland sebagai yang utama. Di jalan Anda juga dapat mendengar beberapa bahasa lain seperti Filipina, Thailand, Norwegia, Islandia, Inggris dan bahasa lainnya.

Greenland memiliki iklim Arktik, yang berarti bahwa di musim dingin suhu biasanya mencapai minus 50 derajat. Cuaca di Greenland sangat kering, sehingga suhu dingin tampaknya lebih hangat daripada biasanya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA