Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Setiap Tahun Penerimaan Zakat Baznas Meningkat

Kamis 02 Jul 2015 14:20 WIB

Rep: c07/ Red: Agung Sasongko

Direktur Pelaksana BAZNAS, Teten Kustiawan

Direktur Pelaksana BAZNAS, Teten Kustiawan

Foto: ROL/Fian Firatmaja

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Direktur Pelaksana Badan Amil Zakat Nasional, Teten Setiawan menargetkan penerimaan zakat pada tahun 2015 sebesar Rp 4,6 Triliun. Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 15 persen dari tahun sebelumnya.

Menurut Teten, setiap tahunnya penerimaan zakat terus meningkat dari kisaran 15 persen-35 persen. "Alhamdulillah dari tahun ke tahun penerimaan zakat terus meningkat. Kalau tahun 2014 penerimaan 3,8 triliun dari target Rp2,66 triliun. Tahun 2015 ini target penerimaan kami tingkatkan menjadi Rp4,6 triliun," ujar Teten di Kompleks Yatim Islamic Boarding School "Ahbaabullah Center", Desa Cemplang, Kecamatan Cirangkong, Kabupaten Cibunggulan, Bogor, Jawa Barat belum lama ini.

Nantinya, sambung Teten target penerimaan zakat berasal dari zakat mal dan zakat fitrah yang dihimpun oleh Baznas pusat, provinsi, kabupaten dan kota, serta lembaga amil zakat yang ada di seluruh Indonesia.

Baznas pun sangat optimistis target tersebut bisa tercapai. Hal tersebut berdasarkan fakta penelitian yang ditemukan di lapangan bahwa potensi zakat di masyarakat saat ini mencapai Rp 217 triliun. Bahkan, sambung Teten, penerimaan zakat juga akan sangat meningkat pada bulan Ramadhan karena adanya penyerahan zakat fitrah.

Adanya peningkatan jumlah penduduk kelas menengah hingga 70 juta orang juga semakin meningkatkan kesadaran beragama yang menjadi salah satu penunjang tercapainya target tersebut.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA