Sabtu 27 Jun 2015 13:53 WIB

LPI Nur Hikmah Bekasi Galakkan Program Tabungan Ramadhan

Para mustahiq mendengarkan ceramah agama sebelum menerima sembako
Foto: Dokumentasi LPI Nur Hikmah
Para mustahiq mendengarkan ceramah agama sebelum menerima sembako

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI – Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Nur Hikmah Bekasi setiap Ramadhan mengajak para siswanya untuk bersedekah kepada para dhuafa. “Sudah enam  tahun kami menggalakkan program Tabungan Ramadhan kepada para siswa Play Group (PG), Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD)  Nur Hikmah,” kata Direktur LPI Nur Hikmah Rahayu Kusumastuti, Sabtu (27/6).

Wanita yang biasa dipanggil Ayu itu menambahkan, biasanya program Tabungan Ramadhan diadakan dua minggu menjelang Ramadhan tiba. Namun tahun ini waktunya lebih singkat, yakni satu minggu. “Hal itu dikarenakan waktu liburan sekolah sudah mepet dengan datangnya bulan suci Ramadhan,” ujar Ayu.

Melalui pogram Tabungan Ramadhan ini, kata Ayu, seluruh siswa PG, TK dan SD Nur Hikmah diajak menabung setiap hari dan disimpan di locker masing-masing. Pada akhir program,  tabungan tersebut seluruhnya dikumpulkan.

“Dana tersebut kemudian dipergunakan untuk melaksanakan program Bakti Sosial Ramadhan LPI Nur Hikmah, yang dilaksanakan bekerja sama dengan Komite Sekolah. Kami juga mengajak para guru dan orang tua murid untuk berpartisipasi pada kegiatan Bakti Sosial Ramadhan tersebut,” tuturnya.

Kegiatan Bakti Sosial Ramadhan  tersebut berupa pemberian sembako dan uang tunai  kepada warga dhuafa yang tinggal di sekitar lokasi Sekolah Nur Hikmah, yakni Jalan Raya Kampung Sawah, Kelurahan Jati Melati, Kecamatan Pondok Melati, Kodya Bekasi, Jawa Barat.

 

Sasaran lainnya adalah para mustahiq (orang yang berhak menerima sedekah/zakat) yang berada di sekitar tempat tinggal para guru LPI Nur Hikmah.  “Alhamdulillah pada Ramadhan 1436 H ini  ini Bakti Sosial LPI Nur Hikmah  dapat menjangkau  sekitar 350 mustahiq. Kegiatan tersebut dilaksanakan Selasa (23/6),” tuturnya.

Ayu mengemukakan, program Tabungan Ramadhan dan Bakti Sosial Ramadhan mempunyai beberapa tujuan. Pertama, syiar dan dakwah Islam. Kedua, mengajak seluruh siswa untuk mengoptimalkan bula Ramadhan, antara lain dengan meningkatkan kepedulian kepada sesama, khususnya kaum dhuafa.

Ketiga, pembelajaran jiwa sosial kepada anak. “Kami berupaya mendidik para siswa agar menjadi orang yang gemar berbagi kepada orang lain yang tidak mampu,” kata Ayu.

LPI Nur Hikmah Bekasi didirikan tahun 2003. Awalnya lembaga pendidikan tersebut mengelola jenjang pendidikan PG, TK dan SD. “Mulai tahun ajaran 2015/2016, LPI Nur Hikmah Bekasi juga membuka jenjang pendidikan SMP,” papar Rahayu Kusumastuti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement