Senin 22 Jun 2015 10:22 WIB

Jika Berlebihan, Kebiasaan Sehat Ini Bisa Berbalik Bahayakan Tubuh

Rep: MG ROL 40/ Red: Hazliansyah
Aneka vitamin dan suplemen
Foto: global.fncstatic.com
Aneka vitamin dan suplemen

REPUBLIKA.CO.ID, -- Kesehatan itu mahal. Itulah istilah yang sering diungkapkan seseorang bila berbicara mengnai kesehatan. Banyak cara yang ditempuh agar tubuh bisa senantiasa sehat dan terlindungi dari berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah melakukan pola hidup sehat.

Namun, melakukan pola hidup sehat ternyata tidak selalu membuat tubuh menjadi jauh lebih sehat. Dilansir dari Lolwot, Senin (22/6), berikut kebiasaan sehat yang bisa membahayakan kesehatan:

1. Menggunakan sabun antibakteri

Di televisi banyak produsen sabun yang berpromosi supaya kesehatan tetap terjaga, anda harus menggunakan sabun antibakteri. Memang benar bila sabun anti bakteri tersebut dapat membasmi kuman, namun kuman-kuman tersebut justru bisa jadi resisten terhadap obat. 

Sabun antibakteri juga ternyata tidak lebih efektif jika dibandingkan dengan sabun biasa atau bahkan dengan air sekalipun.

2. Obat kumur antiseptik

Dalam studi yang diterbitkan oleh Journal Free Radical Biology and Medicine, obat kumur antiseptik ternyata bisa meningkatkan tekanan darah mencapai 3,5 mm Hg. Tidak berhenti sampai di situ, melakukan kebiasaan sehat ini secara rutin bisa meningkatkan risiko terkena serangan jantung.

3. Mengonsumsi suplemen nutrisi

Mengonsumsi suplemen bernutrisi memang wajar dilakukan, terutama untuk mereka yang memiliki aktivitas segudang. Tapi mengonsumsi dalam dosis yang besar, contohnya seperti B6, magnesium atau zat besi justru bisa meningkatkan risiko kematian kepada wanita dewasa. 

Bahkan pria yang mengonsumsi vitamin E bisa berisiko terkena kanker prostat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement