Ahad 21 Jun 2015 15:37 WIB

Penuhi Kebutuhan Cairan Saat Puasa dengan Pola 2-4-2

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Segelas air putih
Foto: flickr
Segelas air putih

REPUBLIKA.CO.ID, Bulan Ramadhan bukan cuma masa menjaga kesucian hati. Di bulan ini tak ada salahnya pula untuk memperhatikan kesehatan.

Caranya dengan menjaga asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar puasa berjalan dengan lancar. Yakni salah satunya lewat menjaga kecukupan cairan tubuh. Menjaga keseimbangan air dalam tubuh tidak kalah penting untuk meningkatkan fungsi tubuh termasuk menyalurkan nutrisi tersebut ke seluruh tubuh.

Namun bagaimana menjaga hidrasi selama puasa dimana kesempatan makan dan minum dibatasi? Health Marketing Director Danone AQUA, dr Jack Pradono Handojo, MHA, menjelaskan caranya dapat dilakukan dengan pola minum 2-4-2.

Saat puasa kita tetap butuh air putih sebanyak dua liter atau delapan gelas sehari sesuai anjuran Kementerian Kesehatan untuk menggantikan cairan yang hilang. Pertanyaannya adalah dengan puasa 14 jam, bagaimana kebutuhan air putih ini bisa tercukupi? Sebab kurang minum menyebabkan dehidrasi dan dehidrasi telah terbukti menurunkan fokus.

"Kita perlu mengatur pola minum agar kita tidak kurang minum air putih dengan cara yang mudah. Para ahli hidrasi Indonesia merekomendasikan pola minum 2-4-2, yaitu dengan meminum dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas saat makan malam hingga menjelang tidur dan dua gelas saat sahur," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement