Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Pembuat Film 'Fitna' Bersumpah Sebarkan Karikatur Nabi Muhammad

Sabtu 20 Jun 2015 03:48 WIB

Rep: c14/ Red: Karta Raharja Ucu

Pimpinan Partai Kebebasan Belanda (PPV) Geert Wilders.

Pimpinan Partai Kebebasan Belanda (PPV) Geert Wilders.

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, DEN HAAG -- Geert Wilders kembali berulah. Politikus Belanda ini bersumpah akan menyebarluaskan karikatur Nabi Muhammad SAW, Sabtu (20/6) ini.

Pria yang membuat film kontroversial 'Fitna' tersebut mengklaim, rencana penyebarluasan sejalan dengan kebijakan partainya, Partai Kebebasan Belanda (PVV). Pada pukul 10.49 waktu setempat, Sabtu (20/6), nanti di sebuah acara stasiun televisi, Geert akan menampilkan sejumlah karikatur Nabi Muhammad ke hadapan pemirsa. Geert bahkan menyebut, karikatur Nabi akan kembali dia tampilkan pada 24 Juni dan 3 Juli mendatang.

Geert menuturkan, hal itu dilakukannya sebagai bentuk pembelaan terhadap hak kebebasan berekspresi. Dia juga menyebut, ekspose karikatur Nabi Muhammad merupakan respons terhadap serangan yang dilakukan sekelompok orang pada aksi yang sama di Texas, Amerika Serikat, Mei lalu.

Seperti dilansir Al Arabiya, Jumat (19/6), sejumlah Kedutaan Besar Belanda di berbagai negara telah mengirim pesan peringatan terkait rencana aksi Geert. Beberapa antisipasi disiapkan apabila karikatur Nabi Muhammad benar-benar ditampilkan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA