Jangan Lukai Lambung dengan Soda Saat Berpuasa!

Rep: C33/ Red: Winda Destiana Putri

 Jumat 19 Jun 2015 12:20 WIB

Minuman ringan bersoda harus dikurangi karena terbukti memiliki banyak bahaya bagi kesehatan. Foto: AP Minuman ringan bersoda harus dikurangi karena terbukti memiliki banyak bahaya bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bukan hanya makanan pedas maupun bersantan yang perlu dihindari ketika berpuasa, minuman pun perlu diperhatikan.

Agar menjaga kestabilan tubuh, ada beberapa minuman yang perlu dihindari, salah satunya minuman yang mengandung soda. "Minuman bersoda sebaiknya dicoret dari daftar menu berbuka puasa," kata pakar gizi Dr. Inge Permadi SpGk kepada Republika, Kamis (19/6).

Menurutnya, minuman bersoda dan dingin dapat menyebabkan perut kembung. Ditambah lagi saat berpuasa perut membutuhkan adaptasi, dari biasanya bisa makan di jam berapapun, semenjak berpuasa ada batasan yang perlu dipatuhi.

"Soda seperti cola dan sejenisnya dapat melukai lambung yang sedang beristirahat. Selain itu gasnya bisa menekan organ-organ pencernaan sehingga terasa mual. Gantilah dengan air madu, teh manis atau sejenisnya," katanya menambahkan.

Agar tetap sehat selama berpuasa, alangkah lebih baik bila mengonsumsi minuman sehat yang kaya akan vitamin. Dibandingkan dengan mengonsumsi minuman lainnya yang hanya akan merusak sistem pencernaan di dalam tubuh.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X